Hikmah Film Sang Kyai

Dalam Film Sang Kyai, ada santri yang bernama Harun. Dalam kebijakan –kebijakan politiknya Sang Kyai pun sempat disalahpahami santrinya yang bernama Harun itu. Sang Kiai dianggap mengikuti keinginan tentang Jepang untuk menyerukan masyarakat menanam hasil bumi, lalu hasilnya disetorkan ke Jepang.

Nyai Kapu (istri Kyai Hasyim Asy’ari) pun sempat bertanya perihal Harun, kenapa dia begitu berprasangka buruk kepada Sang Kyai. Sang Kyai pun menjawab, “Terkadang prasangka yang buruk itu bukan datang dari niat yang buruk, tapi bisa juga datang dari sebuah ketidak tahuan. Dan aku tidak harus menerangkan kepada setiap orang alasan atau kenapa aku memilih kebijakan tersebut “. Karena memang dalam sebuah strategi kebijakan politik ada amniyah ( kerahasiaan) yang harus benar-benar dijaga. Bukanlah sebuah strategi namanya, kalau semua orang tahu apa alasan dibalik semua strategi. Yang pada akhirnya, setelah beberapa saat lamanya, Harun baru mengerti, memahami dan membenarkan kenapa dulu Sang Kyai mengambil kebijakan politik tersebut.

Sebelumnya, bahkan Harun pun memilih untuk keluar dari pesantren. Alasannya karena sang kiai Hasyim Asy'ari membiarkan K.H. Zaenal Mustofa yang menentang penyetoran hasil itu dipenggal kepalanya oleh tentara Jepang.

Apalagi sang kiai juga memenuhi keinginan Jepang untuk mengizinkan santri berlatih militer sebagai bagian dari tentara Jepang. Keinginan Harun keluar dari pesantren itu tak bisa dicegah. Meskipun dia dihalangi perempuan yang juga istri Harun sendiri, bahkan temannya.

"Tidak semua orang tahu, Bapak (panggilan Nyai Kapu kepada suaminya) membiarkan pemengggalan Kiai Zaenal Mustofa karena setuju dengan sikapnya. Bapak juga mengizinkan santri dilatih militer Jepang bukan untuk ikut Jepang, melainkan membentuk laskar tersendiri, yakni Hizbullah. Laskar yang kelak dibutuhkan saat melawan penjajah," ucap Nyai Kapu.

"Fardlu Ain" Jepang kalah perang, Sekutu mulai datang. Soekarno sebagai presiden saat itu mengirim utusannya ke Tebuireng untuk meminta Hadratusy Syaikh K.H. Hasyim Asy'ari untuk membantu mempertahankan kemerdekaan.

Sang Kiai Hasyim Asyari menjawab permintaan Soekarno dengan mengeluarkan Resolusi Jihad pada tanggal 22 Oktober 1945. Dia akhirnya mendorong barisan santri dan massa penduduk Surabaya yang didukung pemuda dari berbagai Tanah Air pun berduyun-duyun tanpa rasa takut melawan sekutu di Surabaya.

Gema Resolusi Jihad yang intinya meneguhkan bahwa membela Tanah Air adalah "fardlu ain" (kewajiban individu). Bahkan dalam radius tertentu itu pun menjadi semangat spiritual keagamaan membuat pemuda-pemuda Indonesia berani mati.

Para santri yang sebelumnya telah terlatih militer oleh tentara Jepang pun atas ridho Hasyim Asy'ari pun pergi ke Surabaya. Mereka dengan gagah berani berperang melawan tentara sekutu. Laskar Hizbullah bersama santri dan masyarakat selanjutnya tergambarkan dalam pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang berujung pada tewasnya Brigjen A.W.S. Mallaby.

Resolusi Jihad itu pun merupakan satu fakta lagi dari sejarah yang tak tertulis. Kala itu sejarah lebih menggambarkan semangat Arek- arek Suroboyo dalam Pertempuran 10 November 1945 yang membuat tentara Sekutu akhirnya bertekuk lutut. Meski Surabaya sempat dibombardir akibat tewasnya jenderal terbaik Sekutu itu.

Jihad membela tanah air adalah bagian dari jihad membela agama, keberadaan negara juga penting untuk bisa bebas mengamalkan agama.

Film ini secara umum mengajarkan pentingnya tiga unsur penting yakni kearifan, cinta, dan politik.

Menjadi seorang pemimpin, katanya, haruslah arif dan penuh cinta ketika berkuasa. Namun, juga harus mampu menguasai ilmu perpolitikan agar tidak terjerumus dan dipolitisasi oleh pihak lain.

Itulah yang dapatkan dari diri Sang Kyai. Beliau arif, cinta kepada keluarga, santri, dan masyarakatnya. Lebih dari itu, beliau memiliki ilmu politik dahsyat yang membuat Belanda, Jepang, dan Inggris pun ampun-ampun. DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. makasih infonya gan
    BT da yang mau dpt uang dari internet yang secara otomatis masuk kerekening gak
    yang mau lagsung buka aja deh http://goo.gl/rvbBO

    ReplyDelete