Turki Tuding Jerman Dukung Kelompok Pelaku Kudeta


Turki menuduh Jerman mendukung jaringan Fethullah Gullen yang berbasis di Amerika Serikat (AS) yang dituding menjadi dalang kudeta tahun lalu. Tak ayal, tudingan ini semakin memperburuk perseteruan diplomatik kedua negara.

Jerman dan Turki terjebak dalam eskalasi setelah Berlin melarang beberapa menteri Turki berkampanye jelang referendum bulan depan. Pihak Jerman beralasan mengkhawatirka keselamatan publik.

Pada Sabtu lalu, majalah berita Jerman Der Spiegel menerbitkan sebuah wawancara dengan Kepala Badan Intelijen Asing Jerman (BND), Bruno Kahl. Dalam wawancara tersebut Bruno mengatakan Ankara telah gagal meyakinkan bahwa ulama Fethullah Gulen bertanggung jawab atas upaya kudeta.

"Turki telah mencoba untuk meyakinkan kita pada setiap tingkatan tapi sejauh ini belum berhasil," kata Bruno Kahl.

Menanggapi hal tersebut, juru bicara Presiden Tayyip Erdogan mengatakan komentar Kahl ini merupakan bukti Jerman mendukung jaringan Gulen. Pernyataan itu merujuk pada "Organisasi Teroris Gulenist" atau "Feto".

"Ini upaya untuk membatalkan semua informasi yang kami berikan kepada mereka pada Feto. Ini tanda dukungan mereka untuk Feto," kata Ibrahim Kalin.

"Mengapa mereka melindunginya? Karena ini adalah instrumen yang berguna bagi Jerman untuk melawan Turki," imbuhnya seperti dikutip dari Reuters, Senin (20/3/2017).

Tidak ada tanggapan dari Jerman terkait komentar ini. DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment