Terbongkar! Ada Soal ujian Melecehkan Islam, Kemendikbud Kaget


Tersebar viral di media sosial soal ujian sekolah berstandar nasional (USBN) yang mengandung sentimen SARA. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) masih menyelidiki soal kontroversial itu.

Soal yang tersebar viral di media sosial adalah soal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) yang diujikan pada Selasa 21 Maret 2017 berbunyi sebagai berikut:

Sekelompok Islam garis keras melakukan sweeping ke aula gereja di Kota Bogor, didapati sekelompok umat Nasrani sedang melakukan kegiatan Natal. Hal yang dilakukan sekelompok Islam garis keras itu termasuk pelanggaran pada UUD 1945 pasal...

A. 28 E ayat 1
B. 30 ayat 1
C. 29 B
D. 31 A
E. 27

Tangkapan layar soal ini
beredar dan dijadikan meme dengan komentar "Soal macam apa ini?".

Dikonfirmasikan kepada Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kemendikbud Nizam mengatakan pihaknya masih menyelidiki di mana soal USBN itu beredar.

"Saya belum lihat sendiri. Untuk ujian sekolah Kemendikbud pusat nggak cawe-cawe dalam soalnya, pusat hanya memberikan kisi-kisi dan contoh soal," jelas Nizam saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (22/3/2017).

Yang membuat soal USBN, imbuh Nizam, adalah Tim Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di tiap kabupaten/kota. Jadi, tiap kabupaten/kota bisa berbeda soal-soalnya.

"Kami belum dapat informasi (di kabupaten/kota mana soal itu tersebar-red). Informasi awalnya itu di Jawa Timur," jelas Nizam.

Nizam menegaskan agar para guru yang membuat soal USBN tidak mengandung sentimen Suku Agama Ras dan Antargolongan (SARA). DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment