Hidayat Ungkap Rahasia Sukses Perang Gerilya Jenderal Sudirman


Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid menolak keras dikotomi Islam dan Indonesia. Dia juga menentang jika ada pihak yang mengatakan bahwa Islam anti NKRI.

Anggapan seperti itu, menurutnya, sudah memutarbalikkan sejarah karena sejak dahulu Islam dan Indonesia tidak pernah berpisah. Bahkan banyak umat muslim dan tokoh-tokoh Islam yang berkorban demi keutuhan Indonesia. Nama-nama seperti Mohammad Natsir, Hasyim Asyari dan Panglima Besar Jenderal Sudirman hanyalah sebagian kecil tokoh Islam yang berani berjuang demi bangsa dan negara Indonesia.

Natsir dikenal salah satunya karena opsi integral Natsir, mengembalikan NKRI ke pangkuan ibu pertiwi KH Hasyim Asyari dikenal sebagai pelopor revolusi jihad, sehingga menimbulkan keberanian di kalangan santri. Sedangkan Panglima Sudirman adalah sosok yang pantang menyerah. Meski hampir seluruh kawasan dan semua pimpinan nasional dipenjarakan kolonialis, Sudirman yang menderita sakit paru-paru akut memilih melakukan perlawanan gerilya.

Meski ditandu, kata Hidayat, mantan guru sekolah Muhammadiyah di Banyumas itu berhasil mengalahkan klaim Belanda bahwa mereka telah menguasai NKRI. Dengan perlawanannya, Sudirman berhasil meyakinkan dunia internasional bahwa Indonesia masih ada.

"Ada tiga rahasia mengapa Sudirman tak bisa ditangkap oleh Belanda selama menjalankan perang gerilya. Pertama, tak pernah putus wudhu, lalu selalu salat tepat waktu dan berbakti pada orangtua," beber Hidayat saat memberikan sosialisasi Empat Pilar MPR RI di kalangan DDI Kota Bandar Lampung, Minggu (20/8).
 
Dia menambahkan, rahasia sukses gerilya Jenderal Sudirman itu sempat disampaikan pengawalnya yaitu Soeparjo Rustam dan dibenarkan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. [wah]  DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment