Subhanallah, Ikan Salmon Dilengkapi dengan ‘GPS’ Magnetik


Makhluk alami ciptaan Allah memang sangat canggih. Tanpa layar LCD, tanpa chip pendeteksi, Allah menciptakan hewan air seperti ikan salmon dengan Global Positioning System (GPS) dengan sistem medan magnetik.

Penemuan baru menunjukkan bahwa ikan salmon pasifik telah dibekali peta magnetik sejak lahir. Sehingga tidak heran, meski menetas di akuarium buatan manusia, salmon-salmon ini akan selalu bergerak mengikuti jalur yang telah menjadi kebiasaan nenek moyang mereka.

Periset dari Oregon State University melaporkan tentang ratusan bayi ikan jenis Salmon Chinook, di pusat penelitian penetasan Oregon, dalam hubungannya dengan medan magnetik. Ikan-ikan ini menunjukkan respon pada pergeseran medan magnet buatan, untuk kemudian ikan-ikan ini akan menuju ke daerah sumber makanan.

“Yang secara khusus menarik adalah tentang percobaan ini bahwa ikan yang kami tes tidak pernah meninggalkan tempat penetasan dan dari hal itu kami tahu bahwa respon mereka bukan karena belajar atau berdasarkan pengalaman, tetapi lebih kepada warisan,” sebut kepala penelitian Nathan Putman.

Kisah tentang ikan salmon memang sangat menarik. Tiap tahun ikan-ikan dewasa bermigrasi kembali ke air tawar sejauh ratusan hingga ribuan klometer dari laut untuk bertelur dan mati. Anak-anak yang ditetaskan dari telur-telur itu akan kembali (berdasarkan penelitian ini) mengarungi wilayah ayah bunda mereka dengan GPS. Keren!!
[sksd/dbs] DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment