Siapa Ikhwanul Muslimin? Ini Penjelasan Singkat Padat Ustadz Abdul Somad


Hari-hari ini, Ikhwanul Muslimin kembali menjadi perbincangan. Pergerakan Islam yang pernah berperang melawan Israel pada tahun 1948 dan berjasa dalam mendukung kemerdekaan Indonesia itu dituduh oleh sebagian oknum kelompok tertentu.

Siapakah sebenarnya Ikhwanul Muslimin? Ustadz Abdul Somad, Lc, MA memaparkan penjelasan menarik. Singkat, padat.

Ustadz Abdul Somad menjelaskan bahwa Ikhwanul Muslimin didirikan oleh Imam Syahid Hasan Al Banna. Dilatarbelakangi oleh kondisi Mesir yang kacau balau seiring perubahan dari kerajaan ke republik, terlebih karena tumbangnya Turki Utsmani.

Tujuan didirikannya Ikhwanul Muslimin adalah untuk memperbaiki umat. Diambil nama Ikhwanul Muslimin sebab kaum muslimin bersaudara karena Islam, bukan karena suku dan lainnya.

Di belakang hari, Ikhwanul Muslimin mendirikan partai dan puncaknya berhasil mengantarkan Mursi menjadi Presiden. Namun hanya satu tahun karena dikudeta oleh Jenderal As Sisi. Amerika dan Israel berada di balik kudeta itu karena Ikhwanul Muslimin dianggap membahayakan kepentingan mereka khususnya dalam membantu Palestina melawan Israel.

“Maka ulama-ulama besar itu kebanyakan Ikhwanul Muslimin. Di Suriah ada Syaikh Abdul Fattah, ulama ahli hadits, secara politik Ikhwanul Muslimin. Ada Syaikh Muhammad Mushtafa As Siba’i, ulama ahli hadits, Ikhwanul Muslimin. Di Maroko ada Syaikh Abdullah Al Ghumari, itu Ikhwanul Muslimin. Kenapa? Karena ini gerakan kebangkitan Islam,” kata Ustadz alumni Mesir dan Maroko ini. [Ibnu K/Tarbiyah.net] DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment