AS Desak PBB Masukkan Hamas dalam Daftar Hitam dan Menghukum Pendukungnya


Brussels – Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley mendesak Dewan Keamanan Persatuan Bangsa-Bangsa (DK PBB) untuk memasukkan Gerakan Perlawanan Palestina (Hamas) dalam daftar hitam (organisasi teror) dan memberikan sanksi kepada para pendukungnya.

“Dewan Keamanan harus bersatu untuk mengatakan ‘sudah cukup’,” katanya pada Selasa (20/06).

“Kita perlu menekan Hamas untuk mengakhiri tiraninya atas rakyat Gaza. Kita harus mengutuk Hamas dalam resolusi dan pernyataan dewan. Dan kita harus menunjuk Hamas sebagai organisasi teroris dalam sebuah resolusi, dengan konsekuensi bagi siapa saja yang terus mendukungnya,” imbuhnya.

Meskipun Israel terbukti telah melakukan blokade atas Gaza, Haley menuding Hamas lah yang sebenarnya “benar-benar” bertanggung jawab atas “krisis kemanusiaan yang mengerikan” di wilayah pesisir Palestina tersebut.

“Jangan salah, Israel tidak menimbulkan masalah di Gaza, meski sering dipersalahkan dalam hal ini,” katanya.

Haley menambahkan bahwa DK PBB harus fokus dalam masalah Hamas, bukan Israel. “Setiap hal yang kita lakukan harus melawan Hamas. Mereka adalah aktor berbahaya yang tidak peduli terhadap orang Palestina, tidak peduli pada orang Israel, dan mereka bertekad untuk menghancurkan semua yang ada di jalan mereka,” katanya.

Ucapan Haley keluar saat utusan PBB ke Timur Tengah mengatakan bahwa Israel menentang resolusi DK PBB tahun lalu, yang menyeru penghentian aktivitas pembangunan pemukiman di Tepi Barat.

Israel secara militer menempati Tepi Barat, dan terus memperluas pemukiman Yahudi di masa depan di atas tanah yang menjadi bagian dari negara Palestina. DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment