Salam Quenelle yang diLakukan Anelka Membuat Yahudi Murka


NICOLAS Anelka—pesepak bola tenar asal Prancis yang bermain di Liga Inggris—tengah menjadi sorotan. Pasalnya, yang bermain untuk West Browich Albion ini melakukan selebrasi yang dianggap melecehkan bangsa Yahudi pada Ahad (29/12/2013).

Ketika itu Anelka memang berhasil membuat dua gol ketika melawan West Ham. Salah satunya ia rayakan dengan cara melakukan salam Quenelle.  Salam ini dianggap mirip dengan salam rasis Nazi Jerman yang menghina bangsa Yahudi.

Sontak, orang-orang Yahudi pun beramai-ramai melontarkan kecaman dan kutukan kepada pesepak bola Muslim itu.

“Memuakkan melihat pesepak bola yang populer akan melakukan sikap tubuh melecehkan dan penuh kebencian di depan puluhan ribu penonton,” kata Presiden Kongres Yahudi Eropa, Moshe Kantor.

“Semestinya tidak ada ruang untuk intoleransi dan rasisme di olahraga dan kami berharap para ofisial Liga Utama Inggris serta polisi akan memberi hukuman yang layak kepada Anelka.”

“Kami tahu bahwa para ofisial sepak bola Inggris memiliki toleransi yang sangat rendah terhadap rasisme di pertandingan-pertandingan sepak bola dan memperlihatkan nol toleransi untuk salam Nazi yang penuh kebencian ini.”

Selebrasi Anelka, 34, sama dengan salam quenelle yang dipopulerkan komedian Prancis, Dieudonne Mbala Mbala.  Sikap tubuh dalam salam quenelle itu, lengan atas kanan dipegang tangan kiri sembari jari tangan kanan menunjuk ke bawah. “Salam” quenelle ini “dijadikan” simbol anti kemapanan dan “bentuk modern” salam khas Nazi pada masa Hitler berkuasa.

Anelka sendiri dengan keras membela diri. “Saya bukanlah anti-Semit dan juga bukan rasis” ujarnya di Twitter.

Tapi tampaknya, pembelaan Anelka itu tidak akan cukup. Soalnya, Asosiasi Sepak Bola Inggris kabarnya saat ini sedang mempersiapkan penyelidikan dan termasuk memberikan sanksi. Anelka terancam di skor 5 sampai 10 laga Liga Inggris. [sa/islampos/telegraph/muslimina] DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment