Raja Salman menekan AS untuk memastikan Israel membuka kembali Al-Aqsa


Raja Salman dikatakan telah secara pribadi melakukan intervensi dengan pejabat tinggi AS untuk memastikan pembukaan kembali Masjid Al-Aqsa di Yerusalem.

Menurut sebuah laporan di portal online Elaph, raja berbicara dengan pejabat tinggi AS yang meminta pembukaan kembali masjid suci tersebut.

Laporan tersebut mengutip seorang sumber senior yang mengatakan bahwa Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berjanji kepada pejabat AS bahwa dia telah memutuskan untuk mengembalikan status quo di masjid tersebut.

Menurut Elaph, Netanyahu telah mengundang pejabat Saudi untuk mengunjungi Masjid Al-Aqsa untuk menilai secara langsung situasi di lapangan.
Arab News telah meminta tanggapan dari Gedung Putih untuk mengkonfirmasi laporan tersebut.

Sementara itu, Kabinet Saudi menyampaikan keprihatinan mendalam atas penutupan Masjid Al-Aqsa oleh otoritas pendudukan Israel.
Ini merupakan pelanggaran mencolok terhadap perasaan umat Muslim di seluruh dunia, kata Kabinet Saudi.

Tindakan semacam itu adalah eskalasi berbahaya yang akan semakin menyulitkan situasi di wilayah Palestina yang diduduki, tambahnya.
Raja Salman memimpin sidang kabinet pada hari Senin di Istana Al-Salaam di Jeddah.
Kabinet meminta masyarakat internasional untuk memikul tanggung jawabnya dan mengakhiri praktik semacam itu.

Umat Muslim menyerukan pada hari Senin untuk tidak memasuki tempat suci tersebut dan melakukan demonstrasi di luar setelah pihak berwenang Israel memasang detektor logam di pintu masuk ke kompleks tersebut.
Warga Palestina melihat langkah-langkah keamanan baru saat Israel menegaskan penguasaan lebih lanjut atas tempat suci tersebut.

Otoritas Waqaf Islam, Yordania yang mengelola urusan keagamaan di lokasi tersebut, sangat marah atas pemasangan detektor logam.
Ototritas Waqaf, bersama dengan kelompok Islam lainnya, mengeluarkan sebuah pernyataan pada hari Senin yang meminta umat Islam “untuk menolak dan memboikot semua tindakan agresi Israel, termasuk mengubah status quo historis dengan pemasangan detektor logam.”

Mereka meminta umat Islam “tidak masuk masjid melalui” detektor.
Pernyataan tersebut mengatakan bahwa “jika detektor logam terus diberlakukan, kami meminta orang-orang untuk beribadah di depan gerbang masjid dan di jalan-jalan Yerusalem.”

Kompleks Haram Al-Sharif sebagian besar kosong pada hari Senin selain wisatawan dan pengunjung Yahudi, dengan umat Muslim beribadah dan melakukan protes di luar lokasi menolak masuk melalui detektor logam.

Beberapa ratus orang terlihat beribadah di luar dua pintu masuk yang berbeda ke lokasi sekitar tengah hari pada hari Senin.
Ada protes setelah sholat, dengan orang berteriak: “Masjid Aqsa, kami mengorbankan jiwa dan darah kami.” Polisi Israel kemudian berusaha mendorong mereka mundur.

Israel memasang detektor logam setelah serangan pada hari Jumat di dekat lokasi suci setelah bentrokan bersenjata, dimana tiga warga Palestina menembak dua polisi Israel. Mereka kemudian melarikan diri ke kompleks Masjid, di mana mereka ditembak mati oleh pasukan keamanan Israel.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengambil keputusan untuk memasang detektor logam dan kamera keamanan pada hari Sabtu. Dia juga berbicara melalui telepon dengan Raja Yordania, Abdullah, Sabtu malam.

Raja Yordania mengutuk serangan tersebut, juga meminta Netanyahu untuk membuka kembali kompleks Al-Aqsa dan menekankan perlunya “menghindari eskalasi di lokasi ini.”
Presiden Palestina Mahmud Abbas, yang saat ini berada di China, menyampaikan pesan serupa kepada Netanyahu saat keduanya berbicara melalui telepon pada hari Jumat setelah serangan tersebut.

Arab News DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment