Tolak Dialog dengan Iran, Menlu Saudi: Teheran Sponsor Utama Terorisme


Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir, menolak ajakan Kepala Parlemen Iran, Ali Larijani, untuk berdialog mengenai terorisme. Lebih dari itu, al-Jubeir menyebut bahwa Iran sebagai sponsor utama terorisme di dunia.

“Iran tetap menjadi sponsor utama terorisme di dunia, yang berkeinginan untuk menggulingkan para rezim di Timur Tengah. Perilaku Iran tidak berubah, akan sangat sulit untuk bekerja sama dengan sebuah negara seperti ini,” ujarnya pada Ahad (19/02), seperti dikutip dari situs Arabi21.

Jubair mengatakan bahwa Iran telah mendukung Presiden Suriah Bashar Assad dan membiayai pemberontak separatis di Yaman dan kelompok-kelompok ekstremis di kawasan.

“Masyarakat internasional perlu mengembangkan sebuah ‘garis merah’ yang jelas untuk menghentikan tindakan Iran,” imbuhnya.

Sebelumnya, Ali Larijani telah mengungkapnya niatnya untuk membangun dialog langsung dengan negara-negara Arab, yang dipimpin oleh Arab Saudi. Larijani juga mengatakan bahwa Iran sedang membangun aliansi strategis dengan Rusia di kawasan. DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment