Ketum PP Pemuda Muhammadiyah: Ahok Mengancam Keberagaman Indonesia


Oleh: Dahnil Anzar Simanjuntak *)

Seorang pria baruh baya mendatangi saya setelah selesai menyampaikan tabligh di salah satu kota di Sulawesi Tenggara beberapa waktu lalu. Dengan nada kesal, dia menyampaikan caci makinya kepada Ahok. Dan dengan nada marah, dia juga menuding saya tidak maksimal membela kehormatan Islam karena sudah diperhinakan oleh Ahok. Saya mendengar tanpa membantah, dan menyampaikan kalimat pendek, “Kita wajib memaafkan Ahok, ketika dia sudah meminta maaf atas kealpaannya, masalah hukum kita serahkan kepada kepolisian, jangan pernah bersikap dan bertindak diluar hukum”. Namun, kelihatannya pria paruh baya ini tidak puas, dan dia meminta saya bersikap lebih tegas. Saya hanya mengangguk. Meskipun, terus terang saya tidak tahu persis seperti apa sikap yang lebih tegas tersebut.

Ekspresi kemarahan seperti yang saya temukan di Sulawesi Tenggara itu, pun saya temukan dalam setiap kesempatan tabligh dibeberapa daerah yang saya hadiri belakangan ini, serta demonstrasi-demonstrasi besar yang terjadi dibanyak daerah Indonesia. Pertanyaan dan tema pengajian yang mereka minta sebagian besar terkait dengan sikap dan upaya hukum yang dilakukan Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah terkait dengan dugaan ujaran kebencian dan penistaan yang dilakukan oleh Ahok di Kepulauan Seribu beberapa waktu yang lalu.

Ahok mengancam keberagaman

Fenomena kemarahan umat Islam terhadap Ahok sejatinya tidak terkait dengan apa Agama Ahok. Namun, sebagai politisi dan pejabat publik, Ahok dinilai miskin etika dan rendah literasi keberagaman, karena berani masuk dalam tafsir kitab suci Agama lain. Dengan kata lain, berani “mempersalahkan keyakinan umat beragama lain” melalui ujaran “Membodohi pake Surat Al Maidah 51”.

Padahal, umat Islam sendiri sudah terbiasa dengan debat perbedaan tafsir berkenaan dengan teks Alquran, khazanah fiqh yang berbeda-beda dalam pelaksanaan ibadah antara Muhammadiyah dan NU misalnya, tidak menjadi isu besar yang memecah belah umat, dan tidak akan pernah Muhammadiyah dan NU saling tuding terkait dengan berbagai perbedaan perspektif keagamaan, apalagi menyebut kelompok lain membodoh-bodohi.

Perbedaan-perbedaan tersebut selama ini dirawat sebagai kekuatan kekayaan khazanah Islam di Indonesia. Nalar Ilmiah umat Islam Indonesia sudah terbiasa dengan keberagaman dan bergembira dengan fakta keberagaman itu. Sehingga, apa yang dilakukan dan diucapkan Ahok di Tanah Seribu beberapa waktu yang lalu adalah ancaman serius terhadap keberagaman dalam Islam dan keberagaman Indonesia.

Sejarah perumusan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yang dilakukan dalam sidang PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia), pada 18 Agustus 1945 telah membuktikan, bagaimana tokoh-tokoh Islam seperti Ki Bagus Hadikusumo, Mr Kasman Singodimedjo, KH Wahid Hasyim, Mr Teuku Mohammad Hasan, dan tokoh Islam lainnya, dengan besar hati demi persatuan bangsa dan negara Indonesia mengganti kalimat yang berbunyai “Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syari’at Islam bagi pemeluk-pemeluknya” menjadi “Ketuhanan Yang Maha Esa”.

Keputusan mengganti rumusan awal pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yang telah disusun oleh Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) atau Panitia Sembilan pada 22 juni 1945 yang dikenal sebagai Piagam Jakarta tersebut, dilakukan setelah ada protes dari dari wakil-wakil Protestan dan Khatolik di Indonesia bagian timur. Protes yang disampaikan oleh salah satu opsir Kaigun (Angkatan Laut) kepada Mohammad Hatta, yang menyatakan “mereka berkeberatan dengan kalimat dalam pembukaan Undang-undang Dasar 1945”, yang berbunyi “Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syari’at Islam bagi pemeluk-pemeluknya”.

Mereka mengakui bahwa kalimat tersebut tidak mengikat mereka dan hanya mengikat rakyat Indonesia yang beragama Islam. Namun kalimat tersebut, tercantum dalam Undang-undang dasar yang menjadi dasar negara,  maka berarti negara melakukan diskriminasi terhadap golongan minoritas. Jika diskriminasi tesebut ditetapkan juga, mereka lebih suka memilih berdiri di luar Republik Indonesia.

Sikap negarawan dengan nalar keberagaman untuk merawat persatuan Indonesia, yang ditunjukkan oleh tokoh Islam Ki Bagus Hadikusomo, Mr Kasman Singodimedjo, KH Wahid Hasyim, dan Teuku Mohammad Hasan tersebutlah yang menjadi langkah bersejarah. Yang menunjukkan bahwa Umat Islam Indonesia ingin hidup merdeka dan sejahtera dalam keberagaman dan bergembira dengan keberagaman tersebut. Dan sikap tersebut, masih terus diwarisi oleh sebagian besar Umat Islam.

Bahkan, Muhammadiyah melalui Muktamar Makassar tahun lalu, kembali mempertegas sikap Persyarikatan yang menyatakan bahwa Pancasila sudah final sebagai hasil consensus (kesepakatan) nasional  prinsip dasar bernegara dan berbangsa untuk mencapai Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berdaulat dalam naungan ridha Allah SWT. Dalam bahasa Persyarikatan Muhammadiyah, Pancasila adalah Darul Ahdi wa Syahadah. 


Jadi, ketika ada beberapa tokoh yang mengaku mengusung keberagaman dan toleransi menyatakan, “Terpilihnya atau tidaknya Ahok sebagai Gubernur DKI adalah ujian bagi Bangsa Indonesia apakah masih menghadirkan Pancasila atau tidak sebagai dasar Negara”. Bagi saya, pernyataan tersebut, adalah politisasi rasial yang dipenuhi dengan tuduhan anti-keberagaman kepada umat Islam Indonesia, seolah ingin menyatakan, bila Ahok tidak terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta, maka Bangsa Indonesia tidak lagi menghadirkan Pancasila dalam berbangsa dan bernegara. Seolah ingin memaksakan kehendak, bila masih mau disebut sebagai negara yang mengusung Pancasila, maka Ahok harus jadi Gubernur DKI Jakarta.

Mereka mempertontonkan lakon playing victim, menempatkan Ahok sebagai korban sikap dan prilaku SARA. Di sisi lain, mereka juga menuduh pihak-pihak yang protes dan marah serta melaporkan Ahok ke Polisi sebagai pihak yang anti-keberagaman dan toleransi dan ditunggangi oleh kepentingan politik lawan politik Ahok.

Tengok saja, tidak ada kemarahan dan protes besar terkait dengan kepemimpinan Wali Kota FX Hadi Rudyatmo di Solo, meskipun Solo sering diposisikan sebagai daerah dimana kaum radikalis bersemayam. Jadi, kemarahan terhadap Ahok, sekali lagi, bukan karena dilatarbelakangi oleh kontestasi politik yang sedang berlangsung di DKI Jakarta. Kemarahan itu muncul karena sikap dan laku Ahok sendiri yang anti-keberagaman dan tidak menghormati keberagaman dan toleransi dalam Islam dan Indonesia, yang kemudian menyulut berbagai reaksi kemarahan yang bila tidak disikapi dengan hati-hati bisa merusak toleransi dan keberagaman Indonesia yang selama ini telah kita rawat dengan baik.

Maka, kehadiran negara melalui penegakan hukum penting dalam menyelesaikan kasus Ahok ini. Kesadaran kolektif publik memilih jalur hukum dengan melaporkan Ahok ke Polisi patut diapresiasi, sebagai bukti bahwa rakyat Indonesia menghormati Indonesia sebagai negara hukum. Oleh sebab itu, polisi harus bekerja secara professional untuk menghadirkan keadilan yang sedang dicari oleh rakyat Indonesia tersebut, khususnya umat Islam.

Tentu, dibalik upaya hukum tersebut, saya dan tokoh-tokoh Islam lainnya telah berulangkali mengajak rakyat Indonesia, khususnya umat Islam, untuk menerima dengan tulus permohonan maaf yang disampaikan Ahok, dan tidak perlu melakukan tindakan-tindakan di luar hukum yang justru akan berdampak negatif terhadap keberagaman Indonesia yang telah dirawat dengan baik oleh Umat Islam dan seluruh umat beragama yang ada di Indonesia. Seperti pesan Buya Syafii Maarif, “Ahok sudah minta maaf, maka maafkan lah, dan selesaikan dengan cara yang baik”. Dan jalan yang baik itu adalah jalan hukum. Nasrun Minallah Wa Fathun Qarib.

*) Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah [rol] DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment