Belajar dari Turki, Lewat Gerakan Masjid Menuju Indonesia Lebih Baik


Salah satu pendiri Centre of Study for Indonesian Leadership (CSIL) Ustaz Asep Syarifudin mengatakan bahwa Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan tengah berjuang mengembalikan identitas Turki menjadi salah satu pusat peradaban Islam. Ia beserta para pendukungnya juga menjadi inspirasi dunia Islam dalam membangun peradaban Islam secara konstitusional dan elegan.

"Perjuangan mereka harusnya menjadi inspirasi para aktifis partai-partai Islam di Indonesia khususnya dalam membangun peradaban Islam secara konstitusional," ujar Ustaz Asep kepada Suara Islam Online, Kamis (28/7/2016).

Dan dari peristiwa kudeta kemarin, lanjut Ustaz Asep, peran masjid sangat vital dalam menggerakkan jutaan rakyat yang pada malam hari langsung seketika turun ke jalan-jalan setelah diserukan oleh Presiden Erdogan untuk melawan kudeta. Masjid-masjid di Turki mengumandangkan adzan seraya menyeru dan menyemangati masyarakat dalam aksi perjuangannya.

"Kita bisa menyaksikan fenomena tersebut melalui rekaman video seruan adzan dan kumandang takbir rakyat Turki yang beredar luas via sosial media. Artinya, fungsi masjid di Turki telah bertransformasi sedemikian rupa bukan hanya sebagai tempat ibadah saja. Melainkan menjadi pusat pergerakan dan peradaban," jelasnya.

Menurutnya, banyak yang tidak menyangka bahwa setelah puluhan tahun lalu dimana masjid-masjid Turki sepi akibat kebijakan rezim sekuler tetapi kini telah bertransformasi dan berevolusi sedemikian rupa. Bahkan dulu saat era Mustafa Kemal Ataturk masjid-masjid dilarang kumandangkan adzan. Tetapi, kini masjid-masjid di Turki menjadi benteng kokoh dalam membendung kudeta.

Di Indonesia, terdapat lebih dari 800.000 masjid dan mushola, itu adalah potensi yang sangat luar biasa yang kita miliki tetapi belum dimanfaatkan secara maksimal. "Karena itu, kita bisa membangun peradaban Islam di Indonesia dengan menjadikan masjid sebagai basis gerakan. Dari masjid kita akan perjuangan Indonesia menjadi negeri yang Baldatun Thoyyiibatun Wa Robbun Ghofur," tandas Ustaz Asep.(si) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment