Militer Turki menyatakan 1.5 persen personil angkatan bersenjata yang terlibat kudeta


Militer Turki mengumumkan pada Rabu hari bahwa 8.651 personil tentara telah mengambil bagian dalam upaya kudeta yang gagal, dipimpin oleh Organisasi Teror Gülenist  (Feto) -untuk menggulingkan Presiden Recep Tayyip Erdogan dan pemerintah pada 15 Juli, jumlah ini adalah sekitar 1,5 persen dari personil aktif dalam tentara.

Menurut pemberitahuan yang dikirim oleh Staf Umum Departemen Pers dan Humas Turki, dari 8.651 tentara, 1.676 adalah wajib militer yang menjalankan tugas wajib militer mereka, sementara 1214 adalah taruna.

Meskipun militer mengatakan bahwa hanya 1,5 persen dari personil yang terlibat dalam upaya kudeta yang gagal, ada lebih dari 120 jenderal peringkat tinggi yang ditahan, jumlah ini adalah sepertiga dari semua jenderal yang masih aktif bertugas.

Militer mengatakan tentara tersebut tergabung dalam jaringan teroris yang dipimpin oleh Fethullah Gulen, yang saat ini tinggal di Pennsylvania Amerika Serikat dan telah menyebabkan gerakan kuasi-religius bayangan dari AS sejak tahun 1999.

Pernyataan itu menyebutkan 35 pesawat, termasuk 24 jet tempur,  digunakan oleh tentara kudeta selama usaha mereka, ini adalah sebesar 7 persen dari total inventaris.

Juga disebutkan bahwa 8 persen dari inventaris helikopter militer – 37 helikopter, termasuk delapan helikopter serang – dan 2,7 persen dari inentaris kendaraan lapis baja, termasuk 172 kendaraan lapis baja dan 74 tank, digunakan dalam upaya kudeta. Selain itu, putschists (personil kideta) menggunakan tiga kapal angkatan laut Turki.

Setidaknya 246 warga sipil dan pasukan keamanan gugur dan lebih dari 2.000 terluka selama upaya kudeta 15 Juli . Sejak itu, warga di seluruh Turki, dari berbagai latar belakang politik, sosial, etnis, dan agama yang beragam, telah menunjukkan dukungan mereka kepada pemerintah Turki dengan tetap bertahan untuk berjaga di jalan-jalan.

Daily Sabah/middleeastupdate DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment