Jawaban Adel al-Jubeir Untuk Iran Sungguh Mengejutkan


BRUSSELS: Menteri Luar Negeri Adel Al-Jubeir memberikan jawaban yang tepat atas pernyataan Konsul Jenderal Iran selama kuliah umum di Pusat Penelitian Egmont Kementerian Luar Negeri Belgia di Brussels, setelah konsul Iran menuduh KSA mendukung terorisme.

Al-Arabiya menyiarkan bagian dari pidato Konsul Jenderal Iran, di mana ia berkata: “Saya yakin dengan mengatakan bahwa al-Qaeda memiliki hubungan dengan Iran adalah lelucon. Tidak ada yang melupakan bahwa Bin Laden adalah seorang warga Saudi dan dia punya hubungan politik dan ekonomi yang kuat dengan KSA. Kita juga tidak lupa bahwa di antara 19 orang yang berpartisipasi dalam serangan 9/11, 15 adalah warga negara Saudi. Orang yang duduk di aula ini juga tahu negara mana yang telah mendukung Daesh selama beberapa tahun ini. ”

Menanggapi tuduhan ini, Al-Jubeir mengatakan: “Saya tidak mengatakan apapun yang tidak didukung oleh fakta. Tidak berbicara tentang konstitusi Iran yang mengekspor revolusi? Tidak berbicara tentang konstitusi Iran tentang menyebarkan paham Syiah ? Apakah Iran tidak mendirikan Hizbullat ? Apakah Iran tidak menyerang lebih dari 12 kedutaan di Iran dimana ini melanggar semua hukum internasional? Kami tidak pernah menyerang mereka. Iran yang melakukan. Bukankah Insinyur Iran, yang merencanakan dan melaksanakan serangan terhadap tempat tinggal pasukan Amerika di Alkhobar pada tahun 1996? Ya mereka yang melakukannya.

Petugas yang bertanggung jawab atas operasi ini adalah atase militer di Bahrain. Orang yang membuat bom itu dari Hizbullat Lebanon. Bahan peledak berasal dari Lembah Bekaa Lebanon. Tiga pemimpin utama operasi lari dan telah tinggal di Iran sejak saat itu. ”

Al-Jubeir melanjutkan: “Ketika ada ledakan di Riyadh pada tahun 2003, Saif al-Adel ada di Iran dengan Saad Bin Laden, Al-Qaed secara resmi menyatakan hal ini, serta empat atau lima komandan. Kami meminta Iran untuk menyerahkan mereka. Tapi mereka menolak permintaan kami. Beberapa dari mereka masih di Iran. ”

“Perintah untuk membom kompleks perumahan Riyadh pada tahun 2003 dikeluarkan oleh Saif Al-Adel, komandan operasi Al-Qaeda. Ia kemudian tinggal di Iran. Kami memiliki rekaman percakapan telepon. Kami tidak menciptakan informasi ini. Ronald Regan menyebut hal ini : Fakta yang keras kepala. Mereka sebenarnya keras kepala karena tidak mungkin untuk menyembunyikan fakta. Hizbullat adalah organisasi teroris. Karena jelas bahwa mereka telah menyerang kedutaan. Kedutaan tidak meledak sendiri. Harus ada seseorang di balik itu. Diplomat tidak bunuh diri dengan menembakkan peluru pada diri mereka sendiri tiga kali. Ada orang yang bertanggung jawab untuk ini, “tambahnya.

Al-Jubeir menambahkan: “Agen-agen Iran memiliki hubungan dengan serangan teroris di Eropa dan Amerika Selatan. Kami tidak menciptakan fakta-fakta ini. Ini adalah dunia dan ini adalah buktinya. Kami berharap bahwa Iran akan menjadi tetangga yang baik. Tapi ini tergantung pada kedua belah pihak. Jika Anda ingin dunia berhubungan dengan Anda, maka ada persyaratan dengan menghentikan kebijakan ekspansionis bermusuhan dan kembali ke norma-norma dan praktek internasional. ”

Menanggapi pernyataan konsul Iran, menteri luar negeri KSA mengatakan: “Jika Anda tidak ingin pejabat Saudi mengkritik Iran, maka jangan berperilaku dengan cara yang menarik kritik. Sejauh ini riwayat Iran penuh dengan kematian dan kehancuran, ketidakpatuhan dengan hukum internasional dan prinsip-prinsip yang telah ada sejak munculnya PBB, khususnya yang berkaitan dengan hubungan bertetangga yang baik dan noninterference dalam urusan pihak lain. ”

Arab News DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment