Berkunjung tak Permisi, Jokowi Lewat, Sultan di Jalan pun Disuruh Minggir


Hari ini netizen ramai membicarakan peristiwa "kesombongan" rombongan Presiden Joko Widodo di "rumah" Sri Sultan Hamengkubowono X, Yogya Hadiningrat.
Netizen salut kepada Sultan yang memilih menyilakan rombongan berlalu, tanpa merasa perlu "kulonuwun" kepada yang punya rumah. Malah, di jalananan pun, ketika Raja Ngayogyakarta Sri Sultan Hamengkubowono X yang juga Gubernur DI Yogyakarta itu  "dilibas" rombongan Jokowi yang tengah berkunjung ke Yogya, Sultan malah milih manut, mengikuti perintah pengawal Presiden yang menyuruhnya minggir.
Ceritanya, kemarin, Rabu (10/12), Presiden Jokowi melakukan perjalanan kenegaraan di Yogyakarta. Peristiwa menarik terjadi saat iring-iringan rombongannya melintas di Jalan Kusumanegara. Sebuah foto yang menjadi viral di media sosial. Disebutkan bahwa Sri Sultan yang sedang berada dalam perjalanan di dalam dengan mobil dinasnya, Plat Merah AB 1. Kendaraan beliau disuruh minggir pasukan patroli pengawal pembuka jalan bagi rombongan Jokowi.
Saat menyadari bahwa mobil yang disuruh menepi itu adalah Sultan Yogyakarta sekaligus gubernur, sang pengawal presiden itu memintanya untuk ikut rombongan Presiden saja agar lebih cepat sampai tujuan. Namun, ternyata ditolak oleh Sri Sultan. Sri Sultan dan Sopirnya memilih untuk menunggu berhenti di tepi jalan, mempersilahkan rombongan presiden lewat.
Dan setelah usai, beliau kemudian melanjutkan perjalanan seperti pengguna jalan lainya.
Mobil dinas AB 1 itu pun berjalan lagi seperti layaknya pengguna jalan lainnya, tidak meminta untuk diutamakan. “Salut dengan pejabat macam beliau. Tidak perlu pencitraan atau mengundang wartawan untuk meliput, biarlah rakyat sendiri yang menilai. Semoga panjang umur Sri Sultan. Jogja Istimewa selalu,” komentar warga bernama Hartady Nugroho. (FN-04) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment