TIMNAS U-19 DAN FENOMENA "SUJUD SYUKUR"


Oleh : Kang Umar Yuwono

LUARR BIASA .. !"
Itu satu kata yang bisa diucapkan dan diberikan kepada Timnas U-19 atas penampilannya melawan Korea Selatan semalam. Dari suuhan heroik semalam saya tertarik untuk mencatat beberapa hal tentang Timnas u-19 ini. Tentu sukses ini tidak lepas dai sosok pelatih dan tim pelatih yang menggodok Timnas U-19 ini. Sangat beda dengan pelatih pelatih sebelumnya apalagi pelatih dari manca. Coba kita simak komentar pelatih2 berikut sebelum mereka bertanding kita bisa menilai karakter individu pelatih pelatih yang ada :

"Jangan trlalu dibesar2kan soal korsel, indonesia lebih besar dari korsel, sampaikan pada mereka, 12 oktober nanti kita akan mengalahkan mereka"
( Indra Sjafri )

"Mereka adalah tim yang kuat,kita masih kalah kelas dari mereka, jangan berharap lebih pada tim kami, Tim ini tidak punya target,hanya sekedar uji coba sebelum seagames tahun depan.."
( Rahmad Darmawan )

Bisa lihat sendiri kan bagaimana tingkat mentalitas & kepercayaan diri pelatih.. dan dari komentar mereka saja hasilnyapun berbeda.

Catatan berikutnya tentang 4 poin yang sangat diperhatikan Indra Sjafri akan anak asuhnya yaitu :
1. Skill
2. Kecerdasan
3. Fisik
4. Mental (Religiusitas individu anak/pemain)

Sisi kepribadian anak asuh yang digodok untuk tampil gentel dan tidak neko-neko .. dan fokus pada belajar serta kerja keras .. membuahkan hasil yang sangat luar biasa membangakan INDONESIA. Gemblengan rohani untuk selalu bersyukur, sikap kepribadian yang baik tidak tattoo, disiplin, .. menjadi hal yang membuat matang kualitas mereka.

Catatan berikutnya belajar dari seniornya , memang sebaiknya Timnas U-19 difilterisasi dari tarikan tarikan menggiurkan yang bisa justru berdampak kurang baik bagi prestasi mereka. Ada baiknya
Hindari beberapa hal ini diantaranya Iklan, infotenment, politik, hati hati dengan popularitas. Menjadi bintang iklan, didapuk mengisi acara infotenment dan program acara TV, interview yang berlebihan alias lebay di TV, main sinetron dlll .. sepertinya meman harus difilter benar. Karena ini sangat membius ke-FOKUS-an pemain dalam berlatih.

Ini catatan untuk TIMNAS U-19 yang saya sendiri yakin ini adalah anugerah Alloh untuk Indonesia hari ini dan masa depan nanti khususnya di dunia sepak bola. Dan Catatan saya hanya sebagai wujud salah satu alternatif untuk menjaga anugerah Alloh tersebut lebih lama bisa kita nikmati bersama alias tidak segera sirna .. keena sungguh ini sangat luar biasa dirasa menghapus dahaga akan JUARA. Ini yang patut kita syukuri sebagaimana yang sudah dicontohkan para pemain U-19 setiap kali menjebol gawang lawan dengan .. "FENOMENA SUJUD SYUKURNYA..!"
Sekali lagi LUAR BIASAAA .. " DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment