ISRAEL KHAWATIR BANTUAN AS KE MESIR DIHENTIKAN


Keputusan Amerika Serikat (AS) menangguhkan bantuan tahunan 1,5 miliar dolarnya ke Mesir membuat Israel khawatir negeri piramid itu akan menghentikan serangan mereka terhadap militan di Sinai yang menjadi ancaman terbesar untuk menguasai Sinai selama ini.
Seorang pejabat Israel yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada media Amerika Fox News, jika militan tidak bisa dihentikan, para pejabat Israel takut mereka bisa menggunakan wilayah itu untuk memulai serangan tidak hanya pada Kairo, tetapi juga pada Israel.
"Situasi di Sinai semakin memburuk dan menjadi perhatian serius, bukan hanya bagi Israel, tapi pertama-tama dan terutama bagi Mesir,” kata pejabat tersebut, sebagaimana dikutip Mi’raj News Agency (MINA), Ahad  (13/10).
Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Jen Psaki mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa AS yang menyediakan hingga 1,5 miliar dolar bantuan tahunan kepada negara Arab itu, akan menahan pengiriman sistem militer skala besar tertentu dan bantuan tunai kepada pemerintah Mesir.
Di samping bantuan dana, AS menghentikan bantuan kiriman kapal anti misil, helikopter Apache 10, tank-tank, dan peralatan militer lainnya.
AS sebelumnya membatalkan latihan militer dua tahunan bersama dengan Mesir dan pengiriman empat jet tempur F-16. (MINA) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment