WALIKOTA TERBAIK DUNIA INI TERNYATA SEORANG MUSLIM


Wali Kota Muslim Calgary-Kanada, Naheed Nenshi, dinobatkan sebagai pemenang penghargaaan bergengsi Wali Kota paling berprestasi di dunia versi World Mayor Prize, sebagai pengakuan atas usahanya terlibat bersama warga dalam peningkatan kehidupan masyarakat.

Ajang penghargaan yang diadakan setiap dua tahun sekali itu diselenggarakan oleh City Mayor Foundation yang merupakan lembaga cendekiawan internasional non-komersial berbasis di London.

Fokus lembaga yang didirikan pada 2003 tersebut yakni mendukung, mendorong, serta memfasilitasi pemerintah daerah di seluruh dunia dalam penerapan sistem pemerintahan yang baik.

“Dia (Nenshi) adalah visioner perkotaan yang tidak mengabaikan seluk-beluk pemerintah daerah,” kata City Mayor Foundation dalam siaran pers sebagaimana dikutip On Islam

“Bagi banyak orang di Amerika Utara dan Eropa, Walikota Nenshi adalah panutan bagi manajemen yang menentukan, inklusivitas dan berpikir ke depan,” kata pernyataan itu.

Nenshi adalah walikota Kanada pertama yang memenangkan penghargaan, diikuti oleh Daniel Termont Walikota Ghent, Belgia, dan Tri Rismaharini Walikota Surabaya, Indonesia.

Dalam laman resminya, City Mayor mengumumkan 10 terbaik dari walikota di seluruh dunia yang menonjol dalam hal dukungan publik.

“Ini indah, kehormatan yang tak terduga dari The World Mayor Project. Terima kasih kepada banyak warga Calgary dan orang-orang dari seluruh dunia yang mengambil waktu mencalonkan saya untuk penghargaan ini,” kata Nenshi.

Nenshi menjadi walikota Muslim pertama di kota Amerika Utara pada 2010. Meskipun ada kampanye penodaan terhadap dirinya, warga Calgary tetap mendukungnya melawan rasis.

Dia saat ini menjalani masa jabatan keduanya sebagai Walikota Calgary ke-36. Nenshi lahir di Toronto dan dibesarkan di Calgary dengan orang tua asal Tanzania.

Dia masuk Harvard University, dan pada usia 22 tahun dikontrak oleh salah satu perusahaan konsultan terkemuka di dunia.

Delapan tahun bekerja pada perusahaan, kemudian dia pensiun untuk kembali ke kampung halamannya Calgary dan tinggal bersama ayahnya yang sakit.

Dia telah bekerja kepada PBB, memulai bisnis sendiri, dan menjadi profesor di Mount Royal University, di kota kelahirannya. (mina/muslimina) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment