Iran dan Hizbullat mengancam saudi bila menvonis mati tokoh Syiah Namir al-Namir


Teheran meminta Riyadh agar tidak menvonis mati ulama Syiah Saudi Namir al-Namir (55 tahun) yang ditangkap dengan tuduhan menyulut fitnah dan perberontakan kepada kerajaan saudi arabiya.

Rabo 15 Oktober  Pengadilan Riyadh menvonis mati al-Namir dengan tuduhan menyulut api sektarian dan pemberontakan kepada kerajaan.

Tahun 2009 al-Namir menyerukan pemisahan wilayah Qathif dan Ahasa` dari saudi dan bergabung dengan Bahrain seperti zaman dulu. lalu tertangkap pada juli 2012.

wakil menlu Iran Husain Amir allahyan mengatakan: jika benar vonis mati untuk Syaikh Namir maka akan ada reaksi umat islam dan penolakan dunia.” dia minta agar dikaji ulang agar tidak menambah ketegangan.”
sementara Hizbullata menanggapi dengan mengatakan: itu hukum zhalim, tidak legal. langkah yang sangat membahayakan.” dia meminta pemerintah saudi mencabut, dan lembaga HAM internasional agar menekan Saudi.”
(gensyiah) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment