Fenugreek (hulbah), salah satu herbal berkhasiat yang dianjurkan Rasulullah


Mengutip ulasan Dr. Zagul El Naggar dalam Islamic Medicine pada Sabtu (25/10/2014), fenugreek atau hulbah memiliki khasiat medis yang luar biasa. Bahkan Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda “Jika ummatku tahu apa yang terkandung dalam fenugreek, maka sudah membelinya dengan dibayar seberat emas.” (diriwayatkan oleh Imam Thabrani hadits 401)

Biji fenugreek juga dikenal sebagai obat anti-diabetik dan dianggap sangat baik untuk mengobati radang sendi dan mengurangi kolesterol darah.

Apa itu fenugreek?

Fenugreek (nama botaninya Trigonella foenum-graecum) adalah tanaman herba putih berbunga dari keluarga kacang, dengan biji aromatik yang digunakan untuk pengharum, terutama pengharum tanah dan digunakan dalam bubuk kari. Ia tergolong famili fabaceae, dan dikenal dengan bahasa Arab sebagai hulba, dan dalam bahasa Urdu sebagai methi. Herbal ini digunakan sebagai ramuan (daun) maupun sebagai rempah-rempah (biji).

Fenugreek kaya akan vitamin A dan C, zat besi serta fosfor. Biji fenugreek adalah sumber yang kaya galactomannan polisakarida (karbohidrat kompleks). Mereka juga adalah sumber saponin (glikosida alami, yang dapat meregenerasi sel yang rusak).

Beberapa manfaat kesehatan dari fenugreek meliputi:

ASI: Biji fenugreek secara luas digunakan sebagai galactagogue (agen yang dapat memperbanyak produksi susu). Sehingga ibu menyusui dapat meningkatkan air susunya. Penelitian telah menunjukkan bahwa fenugreek adalah stimulator ampuh dari produksi air susu ibu.

Kanker: Dalam penelitian terbaru, biji fenugreek berkhasiat untuk melindungi manusia dari kanker payudara dan usus besar.

Diabetes: Beberapa studi telah menunjukkan efek anti-diabetik biji fenugreek dan peningkatan penggunaannya sebagai obat sebagian besar gejala metabolik terkait dengan diabetes tipe-1 dan tipe 2 .

Kesehatan jantung: Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan buji fenugreek secara rutin dapat menurunkan resiko serangan jantung.

Fenugreek juga mengandung phytoestrogen, senyawa yang bertindak seperti hormon estrogen, salah satu hormon yang mengatur ovulasi.

Alhamdulillah, semoga dengan mengikuti sunnah mengonsumsi fenugreek, kita dapat berikhtiar menjaga kesehatan yang diamanahkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. (adibahasan/arrahmah.com) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Infonya yang lengkap doong.. gambar tanaman aslinya dan buahnya gak ada... kalau di indonesia sejenis apa yang serupa itu yaa...

    ReplyDelete