Muslimina

Thursday, January 16, 2014

Referendum Mesir, Bukti Rakyat Tolak Kudeta


By on 1:44 AM

TPS Tempat Referendum Kosong tidak ada pemilih, Polisi pun tidur

Mesir sudah melakukan referendum untuk menolak atau menerima konstitusi baru buatan pemerintah sementara hasil kudeta. Referendum ini dilakukan pada 14-15 Januari 2014.

Hasilnya sungguh mengejutkan dan Memalukan. Partisipasi rakyat sangatlah rendah, mungkin ini paling rendah di dunia. Partisipasi rakyat Mesir diluar negri hanya 5 %. Sedangkan partisipasi rakyat dalam negri hanya sekitar 9 % saja. Jadi hanya sekitar 5 juta yang ikut referendum dari 53 juta rakyat Mesir. Rendahnya partisipasi rakyat Mesir, menurut pemerintah adalah karena buruknya cuaca.

Dari 9 % yang ikut referendum, ternyata hanya 98 % yang setuju dengan konstitusi baru. Ini artinya hanya 8,8% rakyat Mesir yang menyetujui konstitusi yang baru.

Disamping rendahnya partisipasi, dari 9 % yang mengikuti referendum, ternyata yang datang ke kotak-kota suara mayoritas adalah para usia lanjut. Sangat jarang ditemukan kaum muda yang mau datang ke kota-kotak suara.

Rendahnya partisipasi dan mereka yang usia lanjut saja yang data ke TPS menandakan bahwa pemerintah kudeta sangat kehilangan legitimasi dan dukungan dari rakyatnya. Gampangnya, 92 % rakyat dapat dikatakan tidak mendukung pemerintahan yang ada.

Bila melihat klaim dari pemimpin kudeta, Jendral Asisi, pada saat kudeta dilakukan, bahwa kudeta didukung oleh lebih dari 20 juta rakyat Mesir. Klaim ini bisa jadi sebuah kebohongan publik. Bila klaim itu benar, maka rendahnya partisipasi menandakan buruknya kinerja pemerintah kudeta Mesir yang ternyata lebih buruk dan sangat buruk.(nasrulloh Mu)

iklan

Muslimina

Blog Informasi Muslim Indonesia dan Dunia

0 komentar:

Post a Comment

 
".