Inilah Penjelasan Mengapa PKS Harus Gunakan Atribut Ketika Bantu Korban Bencana

Masalah bencana, orang pasti bertanya... "Mana PKS? Katanya Peduli. Kemudian ketika para kader PKS datang, mereka berkata ... "Dasar PKS!!! Membantu warga bencana pake bendera partai, tidak ikhlas, cuma sekedar pencitraan"

Dilema PKS, diantara dua sisi orang yang hanya melihat apa yang bisa DIBENCI dari PKS.

Keluarnya cibiran yang muncul terhadap PKS saat menggunakan atribut ketika melakukan evakuasi korban bencana biasanya keluar dari mulut para pengamat atau komentator yang sebenarnya dirinya tidak faham dan bisa jadi tidak pernah datang ke medan evakuasi.

Hal yang sangat berbeda ditunjukan bagi pihak yang ikut terjun, seperti TNI maupun relawan dari SAR atau
lembaga kemanusiaan. Bahkan mereka memandang bahwa apa yang dilakuka PKS dengan menggunakan atribut ketika melakukan evakuasi korban bencana adalah  sebuah keharusan.

Sepak terjang tim kepaanduan PKS bukan sosok baru bahkan sudah merupakan partner yang selalu ada bagi TNI dan Tim SAR dalam setiap bencana, karena Kepanduan PKS seringkali menjadi tim penanggulangan/relawan bencana yang datang lebih awal dari lainnya, bahkan berani mendatangi daearah-daerah yang dianggap sebagai pusat bencananya. Ini bukan berdasarkan ucapan semata, tetapi ini pengalaman saya dan tim Kepanduan PKS lainnya ketika berada di lokasi bencana.

Seorang yang berada di lokasi bencana, wajib dan harus memakai atribut yang jelas. Biarpun itu Ormas, Partai, Pencinta Alam, SAR, TNI, dsb. Kenapa harus memakai atribut? Karena agar jelas, datang dari tim mana, dan bantuan apa yang diberikan.

Hal ini untuk meminimalisir jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Jika membantu dalam bentuk bantuan sembako, baju, pembalut, popok, susu, dsbnya. Ini juga harus jelas yang membantu siapa dan dari mana. Agar tahu, jika suatu waktu terdapat sesuatu, seperti barangnya kadaluarsa, membuat orang keracunan makanan, atau pembalutnya rusak saat masih di bungkusnya, susunya kadaluarsa, dsb.

Atau bagi Tim SAR-nya, juga harus jelas dari tim mana. Agar ketika terjadi sesuatu, misalkan hilang, meninggal, dsbnya. Akan cepat diketahui.

Nah, hal-hal seperti inilah yang membuat atribut itu bisa jadi adalah wajib digunakan oleh relawan bencana dan bantuan untuk pengungsi.

Tetapi bagi orang-orang yang cuma duduk manis di rumah, dan sekedar melihat tv dan membaca koran. Yang mereka tidak pernah berkecimpung dalam hal relawan bencana, mereka tentu tidak mengetahui hal-hal spesifik yang sangat penting tersebut.

Mereka tentu tidak akan tahu, bagaimana ada pengungsi yang keracunan karena dapat dari bantuan yang tidak jelas siapa yang memberikan. Atau bahkan menemukan seorang yang meninggal, dikira korban bencana tetapi relawan bencana yang tanpa atribut. Ini semakin menyulitkan penanganan bencana.

Jadi, pihak yang sangat gemar mengkritik kepedulian PKS dalam setiap bencana nampaknya sekali-kali juga ikut terjun ke daerah bencana. Jangan sekedar "tamasya bencana", yaitu lihat-lihat sebentar, foto-foto lalu pulang. Tetapi benar-benar ikut evakuasi korban bencana, datang di daerah yang dinyatakan sebagai pusat bencana, membagikan bantuan, tinggal sementara di lokasi bencana, dsbnya.

Saya yakin, orang-orang yang hidupnya sudah enak dirumah, nonton tv, baca koran, itu tidak akan sanggup menjalani rutinitas tim relawan bencana, apalagi seperti tim Kepanduan PKS dan tim khususnya Korsad PKS.

Salam "Siaga, Berani, Setia"

Abu Jaisy DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment