Merayakan Kematian Ariel Sharon dengan Bagi-bagi Permen


Di Beirut, Lebanon, Sabtu (11/1/2014), Adel Makki berlari ke jalanan di kamp pengungsi Palestina Shatila.  Makki kemudian membagikan permen kepada orang yang dikenalnya setelah mendengar bekas PM Israel Ariel Sharon merenggut nyawa.

"Saya sangat lega saat mengetahui Sharon meninggal dunia. Saya kira masa-masa dia di dalam kondisi koma adalah hukuman Tuhan atas kejahatan yang sudah diperbuatnya," kata Makki.

Pernyataan laki-laki yang baru berusia 19 tahun itu terkait peristiwa pembantaian di Sabra dan Shatila yang terletak di sisi selatan kota Beirut. Selama tiga hari dimulai pada 16 September 1982 ratusan orang pria, wanita dan anak-anak dibantai di kedua kamp pengungsi itu.

Setidaknya 500 orang hilang tanpa jejak, salah seorangnya adalah paman Adel Makki. Tak heran remaja itu menyimpan kebencian begitu besar terhadap Ariel Sharon.

Tiga bulan sebelum pembantaian itu, militer Israel menginvasi Lebanon. Milisi sekutu Israel di Lebanon, Phalangist kemudian yang melakukan pembantaian sementara pasukan Israel mengepung kedua kamp pengungsi itu.

Ariel Sharon, yang saat itu menjabat menteri pertahanan Israel, dipaksa mengundurkan diri setelah komisi penyelidikan Israel menetapkan Sharon secara tak langsung bertanggung jawab atas pembantaian itu.

"Saya menerima permen yang dibagikan karena lega si pembunuh sudah meninggal. Dia membunuh ratusan orang. Kini kami lega," kata Ahmad Khodr al-Gosh, bocah berusia 10 tahun.

Kabar kematian Sharon itu serta merta disambut keceriaan dan jalan-jalan sempit di kamp pengungsi Shatila seketika berubah menjadi ajang pesta.

Para penghuni keluar dari gubuk-gubuk mereka merayakan meninggalkan Ariel Sharon yang meninggal dunia dalam usia 85 tahun di sebuah rumah sakit di dekat Tel Aviv setelah delapan tahun koma.

"Anda ingin tahu perasaan saya? Saya ingin menyanyi dan menari. Itulah yang saya rasakan," kata Umm Ali, perempuan berusia 65 tahun yang kehilangan saudaranya Mohammad dalam pembantaian 32 tahun lalu itu.

"Saya ingin menikamnya sampai mati. Dia seharusnya lebih menderita lagi," tambah Umm Ali.

Sebagian besar penghuni Sabra dan Shatila sebenarnya menginginkan Ariel Sharon diajukan ke pengadilan atas kejahatannya.

"Tentu saja saya senang dia meninggal dunia. Tapi sebenarnya saya ingin melihat dia diadili di hadapan dunia sebelum Tuhan mengadilinya," kata Mirvat al-Amine. (pm/AFP) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment