Turki akan membangun tenda untuk 100.000 pengungsi Rohingya


Turki akan membangun tenda penampungan untuk 100.000 pengungsi Rohingya yang berada di Bangladesh, demikian informasi yang diterima dari koordinator Agen Kerjasama Turki (TIKA) untuk wilayah Bangladesh, Ahmed Refik Cetinkaya.

Cetinkaya mengatakan telah diadakan pertemuan dengan Menteri Manajemen Bencana dan Bantuan Bangladesh, Mofazzal Hossain Chowdhury Maya.

“Turki akan segera menyalurkan paket bantuan (kepada Muslim Rohingya)” Ungkap Cetinkaya kepada menteri tersebut.

Cetinkaya juga mengungkapkan bahwa Wakil Perdana Menteri Turki Recep Akdag akan berkunjung ke Bangladesh.

Menurut Badan Migrasi PBB, sejak 25 Agustus lalu, lebih dari 429.000 Muslim Rohingya telah melintasi negara bagian Myanmar di Rakhine menuju Bangladesh.

Diyakini, saat ini pengungsi Rohingya yang berada di Bangladesh mencapai 800.000 jiwa, termasuk yang tiba sejak 25 Agustus lalu.

Para pengungsi Rohingya tersebut melarikan diri dari Myanmar akibat aksi kekerasan yang menimpa mereka dalam operasi militer yang dilancarkan oleh pemerintah Myanmar. Menteri Luar Negeri Bangladesh, Abul Hasan Mahmood Ali mengatakan sekitar 3000 tewas dalam aksi kekerasan di Arakan.

Turki menjadi negara terdepan dalam menyalurkan bantuan kepada para pengungsi Rohingya. Presiden Erdogan juga telah mengangkat kejahatan kemanusiaan ini di hadapan Sidang Umum PBB baru-baru ini.

Yeni Safak/Turkinesia DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment