Berita Metro TV : “Gatot Nurmantyo Dianggap Pimpinan Terburuk TNI”


Stasiun Televisi milik politisi Nasdem Surya Paloh, Metro TV melansir sebuah berita yang dimuat di situs metrotvnews.com dengan judul : “Gatot Nurmantyo Dianggap Pimpinan Terburuk TNI”, senin (25/2017).

Dalam berita tersebut Metro TV mengutip pernyataan Ketua SETARA Institute Hendardi dalam wawancaranya pada hari Ahad, 24 September 2017.

Menurut Hendardi cara Jendral Gatot Nurmantyo memimpin TNI adalah yang terburuk sepanjang era reformasi.

Berikut berita lengkapnya

Gatot Nurmantyo Dianggap Pimpinan Terburuk TNI
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dianggap sebagai pemimpin terburuk bagi pasukan militer sepanjang era reformasi. Hal itu dikarenakan sikap politiknya yang diperlihatkan secara gamblang. Padahal sebagai unsur pertahanan Indonesia, ia dilarang berpolitik.

“Cara Gatot Nurmantyo memimpin TNI adalah yang terburuk sepanjang era reformasi. Bukan karena melakukan pelanggaran HAM dan kejahatan kemanusiaan secara terbuka, tetapi karena membawa kembali TNI berpolitik bahkan dengan mengorbankan koeksistensi antarinstitusi negara seperti Polri, BIN, dan Kemenhan,” kata Ketua SETARA Institute, Hendardi melalui keterangan tertulis, Minggu 24 September 2017.

Seperti diketahui Gatot membeberkan adanya 5.000 pucuk senjata api yang didatangkan secara ilegal. Pernyataan itu juga mengarah pada adanya rencana penyerangan. Hendardi melihat pernyataan itu menjadi teladan buruk bagi prajurit yang selama ini diajari disiplin.

Para pasukan dibatasi koridor disiplin dan membangun relasi yang kuat dan sehat dengan Polri, untuk mengantisipasi tingginya frekuensi politik antar kedua institusi.

“Alih-alih menjadi teladan, Panglima TNI justru membawa prajurit TNI dalam konflik kepentingan serius yang hanya menguntungkan diri Panglima TNI,” kata Hendardi.

Menurut dia, pernyataan Gatot seperti ini sudah terjadi kesekian kali di September 2017. Hendarsi mengatakan Gotot terus mencari perhatian publik dengan pernyataan-pernyataan permusuhan, destruktif, dan di luar kepatutan seorang Panglima TNI.

“Selain isu PKI, pemutaran film G30SPKI, perang pernyataan dengan Menteri Pertahanan, pengukuhan diri sebagai Panglima yang bisa menggerakkan dan memerintahkan apapun pada prajuritnya, adalah akrobat politik Panglima TNI yang sedang mencari momentum politik untuk mempertahankan eksistensinya jelang masa pensiun,” kata Hendardi.

Sementara PT Pindad (Persero) membenarkan adanya pembelian senjata. Namun jumlahnya bukan 5.000, melainkan 500 pucuk senjata laras pendek.

Sebelumnya, Sekretaris Perusahaan Pindad Bayu A Fiantori mengatakan pembelian senjata tersebut ditujukan untuk Badan Intelijen Nasional (BIN).


“Benar, (itu) sebagai kelengkapan tugas saja di polsus (polisi khusus),” ujar Bayu melalui pesan singkat, Minggu 24 September 2017.

Pernyataan Bayu turut menguatkan klarifikasi dari Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto yang mengklaim pengadaan ratusan senjata untuk BIN dalam rangka keperluan pendidikan inteligen.

Sementara itu, Menkopolhukam Wiranto sudah meluruskan isu pembelian 5.000 pucuk senjata ini. Wiranto mengakui ada pembelian senjata, tapi tidak berjumlah ribuan.

“Sekarang sedang bergulir di tengah masyarakat dan menimbulkan spekulasi. Apakah ini karena keadaan Indonesia yang sudah genting, ada sesuatu kekuatan yang ingin (pemberontakan) seperti tahun-tahun dulu melakukan aksi yang mengganggu stabilitas dan keamanan nasional,” kata Wiranto, Minggu 24 September 2017.

Wiranto mengaku telah berkomunikasi dengan Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan institusi terkait. Wiranto menyimpulkan isu ini menjadi liar karena faktor komunikasi yang tidak tuntas.

“Setelah saya tanyakan, saya cek kembali, ternyata ini berhubungan dengan pembelian 500 pucuk senjata buatan Pindad, yang diperuntukkan bagi sekolah intelijen oleh BIN,” ucap dia.



[islamedia] DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment