Gempuran Terhadap Oposisi di Idlib dan Hama Masuki Hari ke-7


Idlib – Militer Assad dan pesawat tempur Rusia melanjutkan kampanye militer di provinsi Idlib dan Hama hingga hari ketujuh berturut-turut. Gempuran itu menyebabkan kematian puluhan warga sipil dan ratusan orang terluka.

Petugas Pertahanan Sipil (White Helmets) Hama, Selasa (26/9), mendokumentasikan setidaknya enam warga sipil tewas di daerah pedesaan Hama timur. Militer Suriah dan jet Rusia menyerang desa-desa di wilayah tersebut dari udara.

Gempuran pada Selasa juga menyasar kota Tarmin, Aldana dan Armanaz, serta Jisr al-Shughour di pedesaan Idlib.

Dewan Provinsi Hama, pemerintahan lokal oposisi, juga melaporkan sebanyak 25 warga sipil tewas dan 112 luka-luka dalam enam hari terakhir di wilayahnya akibat serangan rezim dan Rusia. Warga berbondong-bondong mengungsi.

Eskalasi tersebut menyusul pertempuran yang diluncurkan Hai’ah Tahrir Al-Syam (HTS) yang berhasil merebit empat desa di pedesaan Hama. Namun, tiga desa kemudian kembali lepas sehingga menimbulkan banyak kritikan mengenai pertempuran tersebut karena dianggap tidak memiliki tujuan dan hasil jelas.

HTS sendiri mengisyaratkan bahwa pertempuran itu untuk melawan kesepakatan Astana. Astana telah memaksa oposisi menghentikan pertempuran dan mematuhi kesepakatan-kesepakatan yang diatur oleh Rusia dan Iran, sebagai negara penjamin di samping Turki.

Di lapangan, serangan balasan yang diluncurkan Rusia dan rezim juga menghantam markas dan lokasi faksi-faksi yang dianggap moderat dan ikut menandatangani kesepakatan Astana. Hal itu menimbulkan kemarahan namun mereka masih komitmen hasil Astana yang kerap dilanggar pihak rezim.

Terkait eksalasi militer itu, Turki memperingatkan Rusia. Ankara menekankan bahwa serangan Rusia telah mengenai sipil dan faksi moderat, dan itu melanggar kesepakatan.

Perlu dicatat, Idlib termasuk zona de-eskalasi yang disepakati di Astana. Namun negara penjamin, Rusia, sendiri yang melanggar kesepakatan itu.

Sumber: enabbaladi.net DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment