Saat Panglima TNI Bicara Anak PKI yang Kini Masuk DPR


Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menjadi pembicara dalam diskusi memperingati peristiwa G30S/PKI yang digelar F-PKS. Jenderal Gatot bicara banyak hal, dari Pancasila hingga keturunan PKI.

Jenderal Gatot bicara soal sifat bangsa yang patriotik. Dia lalu bicara soal masa lalu dan bagaimana bangsa Indonesia menyikapinya saat ini.

“Kalau kita lihat G30S/PKI, dendam yang luar biasa. Tapi begitu selesai, tidak,” ujar Gatot di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (27/9/2017).

Menurut Gatot, bangsa Indonesia saat ini sudah cukup dewasa. Dia lalu memberi contoh ada keturunan PKI yang kini duduk di parlemen.

“Buktinya jelas, siapa yang berkubu ‘aku bangga sebagai anak PKI’. Orangnya ada di sini, ya kan? Masuk parlemen ya, diapa-apakan nggak sama umat muslim? Diapa-apakan nggak? Tidak,” tutur Gatot.

“Karena yang besar mengayomi yang kecil. Itu kan perorangan, kalau sudah ada kelompok, itu membahayakan, cegah,” imbuh Gatot.

Sebelumnya, eks Ketua MK Mahfud MD pernah berbicara hal serupa seperti Gatot. Mahfud mengatakan sudah saatnya bangsa Indonesia menatap ke depan dan tak mengungkit masa lalu, termasuk tragedi 1965. Mahfud melanjutkan sudah banyak keturunan anggota PKI yang bekerja kantoran, menjadi anggota DPR, ataupun menjadi PNS.

“Tidak ada gunanya juga, wong sekarang ini sudah rukun. Keturunan PKI sekarang sudah bisa kerja di kantor-kantor dan tidak diganggu-ganggu. Orang mau kerja nggak dilihat KTP-mu apa. Sekarang sudah bisa jadi (anggota) DPR, pegawai negeri, dan sebagainya. Ngapain mau ribut-ribut lagi,” kata Mahfud MD kepada wartawan di Yogyakarta, Senin (25/9). [Gema Rakyat / dtk] DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment