Drama Setya Novanto: Melecehkan Hukum dan Akal Sehat



By Asyari Usman
Norma-norma untuk menghormati putusan pengadian menjadi tercemar oleh putusan Hakim Cepi Iskandar, kemarin (29/9/2017), yang membersihkan Setya Novanto dari skandal e-KTP. Untuk sementara ini, dia tidak lagi berstatus tersangka sebagai konsekuensi dari putusan Pak Hakim.

Mohon maaf, mual rasanya melihat ketua umum Golkar ini bakal senyam-senyum di depan kamera sambil mengantongi putusan Pak Hakim yang kini membuat dia tampil sebagai orang bersih. Sungguh tidak bisa diterima. Episode yang sangat meneghina akal sehat. Adegan yang hanya setara dengan melumuri wajah rakyat Indonesia dengan kot***n binatang haram.

Kemenangan Novanto ini adalah penghinaan di siang bolong terhadap intelektualitas manusia. Inilah kemenangan yang melecehkan martabat rakyat. Pelecehan yang berlangsung secara terbuka.
Bisa dibayangkan Novanto akan sesumbar lagi untuk kesekian kalinya dan akan menyebut dirinya sakti, tak bisa dijerat hukum. Betul-betul banyolan yang membuat semua orang frustrasi. Sangat menjijikkan.

Mohon maaf juga, sulit bagi saya untuk tidak memberikan perhatian terhadap profesionalisme Hakim Cepi Iskandar. Komisi Yudisial (KY) sangat pantas mempersoalkan proses yang berlangsung sepanjang sidang gugatan praperadilan yang dipimpin oleh Yang Mulia Cepi Iskandar.

KY pantas melakukan investigasi untuk melihat kemungkinan yang dirasakan tidak mungkin. Kalau gugatan praperadilan Novanto itu diumpamakan seperti sebuah akun Facebook, maka sangatlah wajar KY memeriksa Inbox di akun ini untuk melihat apakah ada pesan-pesan “haram” yang masuk ke situ.
Mohon maaf lagi, berat rasanya untuk merelakan orang yang sudah tidak pantas lagi memegang jabatan publik sestrategis dan sesakral kursi ketua DPR RI, untuk terus menyandang sebutan jabatan yang terhormat itu. Alangkah konyolnya kita semua dibuat oleh drama Setya Novanto. Pembodohan publik yang menjengkelkan sekali.

Cukuplah sudah rakyat selama ini menelan sajian-sajian murahan yang diolah dari relung pikiran koruptif seorang politisi yang licin dan tamak.

Kita mendorong warga Golkar yang masih bernas agar melakukan tindakan yang seharusnya mereka ambil terhadap Setya Novanto. Kelihatannya Anda, warga Golkar, tidak bisa lagi mengharapkan pikiran yang lurus dari para senior, seperti Sekjen Idrus Marham, yang masih menganggap Novanto sebagai orang yang tergantikan.

Kalau Setya Novanto sampai lolos dari skandal e-KTP, sebagaimana dia bisa melenggang sambil melecehkan akal sehat dalam berbagai perkara selama ini, barangkali inilah saatnya kita menarik kembali penghormatan kepercayaan terhadap proses penegakan hukum di Indonesia.
(Penulis adalah wartawan senior) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment