Perintahkan Main Bunuh Ditempat, Ahok Dikecam Publik


Kembali Basuki Tjahaja Purnama Wakil Gubernur DKI Jakarta atau sering dikenal Ahok mengeluarkan pernyataan yang sangat arogannya. Dia meminta petugas untuk tindak tegas dan bunuh ditempat kelompok atau organisasi masyarakat (ormas) yang bertindak anarkis. Tak ayal lagi pernyataan Ahok menuai komentar dan kecaman dari berbagai pihak.

Pengamat kepolisian Bambang Widodo Umar menilai pernyataan Ahok tersebut berlebihan mengingat Indonesia merupakan negara hukum. "Penjahat atau ormas itu kan bagian negara kita sendiri, masa mau dibunuhin, terlalu emosional pernyataan itu," kata Bambang kepada Republika, Selasa (14/10).

Bambang mengatakan, dengan posisi sebagai pimpinan di Ibu Kota, Ahok seharusnya tidak mengeluarkan suatu pernyataan yang menunjukkan rasa frustasi. Menggunakan cara kekerasan, lanjutnya, malah menyakitkan pihak-pihak tertentu dan dapat menjadikan masyarakat menjadi lebih liar.

Menurutnya, untuk melunakkan kelompok atau ormas yang sering berbuat ricuh, pemerintah harus bertindak tegas, konsisten, dan berdasarkan aturan. Pemerintah harus melihat permasalahan tersebut sebagai suatu hal yang kompleks dan tidak sekadar bisa diselesaikan dengan cara kekerasan.

Pemerintah pun, lanjut Bambang, harus melakukan dialog secara terus menerus dengan kelompok yang sering berbuat anarkis. Sebagai negara hukum dan demokrasi, pemerintah harus mengajak bicara dan mendengarkan masalah dan alasan kelompok tersebut.

"Tidak ada tawar menawar, itu bagus. Tapi kalau main tembak, main bunuh, negara apa ini, negara liar apa," ujarnya.

Sebelumnya, dalam pernyataannya di acara Pelaksanaan Revitalisasi Kring Serse Jajaran Polda Metro Jaya, di Ecopark Ancol, Jakarta Utara, Selasa (14/10), Ahok meminta petugas tidak segan untuk menembak mati pelaku anarkis yang mengancam nyawa banyak orang.

"Ini tugas pemerintah kalau ada kelompok bertindak anarkis dan justru mengancam nyawa banyak orang, saya minta petugas untuk tindak tegas, bila perlu bunuh di tempat sekalipun ada kamera TV menyorot," kata Ahok. (rol/islamedia/ibnu) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: