Habibie: Warga Tak Mampu Silakan Periksa di RSKG Ny Habibie, Gratis


BJ Habibie, Presiden RI ke-3, telah meresmikan gedung baru Rumah Sakit Khusus Ginjal (RSKG) Ny RA Habibie, di Jalan Tubagus Ismail, Bandung, Senin (8/8/2016). Menurut Habibie, pasien tak mampu yang datang ke rumah sakitnya bisa gratis.

“Kalau memang tidak mampu membiayai, dia dapat dengan cuma-cuma. Ya, memang persyaratan gitu. Itu persyaratan dari ibu saya, yang meneruskan adik kandung saya,” ujar Habibie, lansir Republika, Selasa (9/8/2016).

Habibie menjelaskan bahwa masyarakat yang tak punya apa-apa, silakan datang dan diperiksa. Harapannya RS ginjal ini dapat benar-benar membantu sumber daya manusia Indonesia agar kesehatannya baik.

“Dan bisa benar-benar bekerja produktif dan jadi unggul,” katanya.

Habibie menjelaskan, dalam proses cuci darah—yang mahal itu adalah cairannya—tapi RSKG Ny Habibie sudah memiliki teknologi yang dapat membuat cairan sendiri. Bahkan menurut Habibie pihaknya sudah membantu beberapa kabupaten, yang secara statistik di daerah tersebut banyak penderita gagal ginjal.

“Dikasih mesinnya cuma-cuma dan dikasih cairannya, tapi datang ke sini diambil,” katanya.

Bahkan, jika ada petugas di daerah yang harus dilatih, RS nya akan memberikan pelatihan.

“Kita didik disini. Kalau antar (cairannya, red), kita enggak kuat,” katanya.

RS ginjal ini, lanjut Habibie, ada dua yang besar, yakni di Bandung dan Batam. Sekarang, sedang dibangun yang ketiga di Gorontalo.

“Ada juga untuk mata, di Bogor. Kita bantu keluarga di Indonesia sebagai mata air,” katanya.

Habibie mengatakan, Ia ingin menyumbangkan karya nyata untuk pembangunan bangsanya. Semua orang pun harus berusaha menjadi mata air.

“Kalau setiap keluarga jadi mata air, Indonesia akan semakin tenteram,” pungkas Habibie. [] DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: