Para Musisi Yang Hengkang Dari Musik Memilih Untuk Menekuni Islam


Hidayah ternyata bisa merubah seseorang untuk menjadi lebih baik, meski lagi dipuncak karir sekalipun. Tak peduli bergelimang harta, popularitas dan lain sebagainya. Inilah beberapa musisi yang lebih memilih menekuni agama Islam dari pada berhingar bingar didunia hiburan yang penuh dengan godaan.
1. Harry Moekti

Harry Moekti juga seorang rocker yang sangat terkenal. Namun, di puncak popularitasnya, ia merasa tidak tenang. Ia kehilangan makna hidup. Pria kelahiran Cimahi, 25 Maret 1957 ini kemudian mendekati banyak ustadz dan mulai mengaji pada awal 1990-an.

Pada tahun 1995, bintang rocker yang terkenal dengan album Ada Kamu, Aku Suka Kamu Suka dan Satu Kata ini memutuskan meninggalkan dunia musik. Ia berhijrah dari dunia selebriti, karena menyadari lebih banyak buruknya daripada manfaatnya. Ia pun kemudian menjadi menjadi juru dakwah yang mengajak umat untuk bertaubat.

Jika sebelumnya ia berkeliling untuk manggung ditemani gitar, drum dan bass, kini ia berkeliling dari masjid ke masjid, dari panggung ke panggung dengan lantunan kalimat thayyibah dan asmaul husna.

2. Sakti Sheila On 7

Salah satu personel Sheila On 7, Sakti memilih meninggalkan dunia musik dan aktif menjadi dai Jamaah Tabligh. Kisahnya dimulai saat ia hendak terbang ke Malaysia untuk menerima penghargaan musik. Ketika menunggu pesawat, ia masuk ke sebuah toko buku dan tertarik pada buku berjudul ‘Menjemput Sakaratul Maut Bersama Rasulullah’.

Buku tersebut kemudian ia pelajari dan menjadi wasilah taubatnya. Sakti menjadi rajin beribadah dan mempelajari Islam. Ia kemudian bergabung dengan Jamaah Tabligh dan pada tahun 2006 khuruj selama empat bulan ke India, Pakistan dan Bangladesh.

Namun meski begitu, Sakti mengaku jika dirinya tidak seratus persen meninggalkan dunia musik. “Saat ini saya tetaplah seniman, dan sesekali masih memegang gitar,” ujar Sakti

3. Krisyanto Jamrud

Krisyanto sempat keluar dari band Jamrud. Pria yang kerap mengenakan kacamata hitam itu mengaku ingin lebih dalam mempelajari ilmu agama.

“Dari dulu sebenarnya saya sudah belajar Islam cuma belum spesifik dan sekadar tahu shalat saja. Nggak tau apa sebenarnya shalat, wudhu itugimana. Rukun- rukun dan baca surat asal bunyi saja. Alhamdulillah sekarang tidak asal bunyi lagi. Insya Allah sekarang sudah bisa melafalkan
dengan baik,” kata Krisyanto.

Namun seiring dengan perjalanan waktu, Krisyanto kembali menjadi vokalis Jamrud. Krisyanto pun tetap menekuni dunia keagamaan seperti yang dilakukannya saat meninggalkan Jamrud dulu.

4. Dik Doang

Dik Doank dikenal sebagai seorang penyanyi, presenter dan bintang iklan. Namanya sempat eksis di dunia presenter pertelevisian. Pada 2006, Dik Doank memutuskan meninggalkan dunia hiburan. Ia meninggalkan popularitas dan gelimang materi demi berbagi manfaat pada sesama. Dik Doank kemudian mendirikan sekolah gratis dan aktif berdakwah.

Namanya sempat menghebohkan saat dirinya memutuskan untuk menikah kembali atau berpoligami.

5. Irvan Sembiring

Jangan mengaku anak metal kalau tidak kenal Irvan Sembiring. Begitu kalimat di kalangan penggemar musik metal untuk menggambarkan popularitas Irvan Sembiring, pentolan grup band Rotor. Empat album kahir dari grup itu sejak 1992 hingga 1998.

Dalam keglamoran hidupnya, Irvan bertaubat dan meninggalkan musik. Ia kemudian aktif dalam mendalami agama dan menjadi aktifis dakwah. Pada tahun 2010, Irvan mengganti lagu-lagunya dengan lirik-lirik yang diambilnya dari nilai-nilai al Qur’an dan hadits.

6. Reza “NOAH”

Reza, yang kini memutuskan keluar dari jabatan drummer di band Noah, sedikit membeberkan alasannya hengkang.

Dilansir kapanlagi. Lalu apa pilihan yang membuat Reza berani meninggalkan Noah ? Ternyata, Reza mengaku bahwa dirinya ingin lebih fokus mendalami agama. Ia benar-benar tidak mampu membagi waktunya dengan Sang Pencipta di sela-sela kesibukan Noah.

“Ke depan buat hidup mungkin lebih ke agama ya. Saya nggak bisa bilang gitu karena kita nggak tau perencanaan ke depan semacam gimana. Tapi setelah Januari itu saya fokus dulu ke sayanya dulu, ke agama dulu. Nanti setelah itu gimana Allah nanti yang nentuin saya mau gimana hidupnya,” jelasnya. [www.dakwahmedia.com] DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar: