Tak Berkurang, PKS Berpeluang Raih Kursi Pimpinan


PKS pantas memimpikan salah satu kursi pimpinan di DPRD Sumedang. Dari hasil rekapitulasi suara di KPU Sumedang, PKS pantas mendapatkan mimpi itu. Sebab, pada pileg 2014, PKS tak kehilangan kursinya. Jatah kursi PKS dipastikan ada 6.

Jika komposisi alat kelengkapan dewan tidak berubah, yaitu terdapat 4 pimpinan dewan dari 50 anggota, maka PKS adalah partai ke empat dengan perolehan suara terbanyak. Tiga partai teratas lainnya adalah PDIP (12 kursi), Golkar (10) dan Gerindra (6). Empat parpol dengan suara terbanyak akan duduk sebagai pimpinan dewan, yaitu satu ketua dan tiga wakil dewan.

"Meski belum ditetapkan tentang perolehan kursi, hasil rekap suara sudah bisa menggambarkan bahwa PKS dapat 6 kursi. Dengan begitu, PKS berkesempatan duduk di kursi pimpinan dewan," ujar Humas DPD PKS Sumedang Ermi Triaji, Jumat (25/4/2014).

Dengan raihan suara ini, PKS sangat puas. "Ada dua kepuasan yang kami rasakan saat ini, tentu hal ini membuat kami bersyukur. Pertama, kami puas dengan jalannya proses rekapitulasi di KPUD, hal ini tidak terlepas dari peran ketua KPU yang mampu mengakomodir pendapat saksi dan tegas dalam memimpin rapat sehingga semua berjalan lancar tanpa hambatan berarti," ujarnya.

Kepuasan kedua, lanjut Ermi, raihan suara PKS kali ini. Suara PKS mencapai 46.157 suara, meningkat dibanding pileg 2009 lalu yang hanya 40.007 suara.

Menurut Ermi, suara di beberapa dapil memang tidak sesuai target tapi secara umum suara PKS meningkat dibanding raihan suara 2009 lalu.
Susunan kelengkapan pimpinan DPRD Periode 2009-2014 adalah ketua dipegang PDIP. Ketiga wakil ketua adalah Golkar, PPP dan Partai Demokrat. Sementara PKS meski sama-sama meraih 6 kursi, suara PKS lebih sedikit dibanding PPP dan Demokrat yang lebih berhak duduk di salah satu kursi pimpinan dewan. [rni] DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment