Pasukan Elit Muslim Yang Mampu Menguasai Sepertiga Dunia


Bukan rahasia lagi kalau Turki Usmani adalah salah satu dinasti paling sukses di dunia. Di masa kejayaannya, kerajaan ini hampir menguasai sekitar sepertiga dunia. Terbentang mulai Asia, sebagian Afrika, serta beberapa bagian Eropa. Alasan kenapa mereka sanggup merengkuh pencapaian fantastis ini banyak. Tapi, faktor penentu paling penting jelas lantaran armada tempurnya yang gila.

Di masa itu Turki Usmani merupakan negara dengan kekuatan tempur menggila. Mereka memiliki banyak divisi tentara yang sudah terorganisir amat rapi. Nah, di jajaran militer Turki Usmani ada satuan spesial yang disebut Jannissary. Pasukan ini tercatat juga memberikan sumbangsih yang besar di semua ekspansi militer Turki Usmani. Tak heran karena level mereka memang lebih tinggi dari semua unit yang ada di kemiliteran dinasti ini.

Di masa itu, Jannissary bak Navy SEAL di antara tentara amatir. Mereka benar-benar menggila dengan kemampuan sangarnya yang jauh lebih hebat. Lalu, sebenarnya seperti apa sih seluk beluk tentara elit satu ini? Simak ulasannya berikut.

1. Sejarah Awal Mula Pembentukan Jannissary

Awal pembentukan Jannissary sebenarnya tidak benar-benar jelas. Namun menurut seorang ahli sejarah bernama Patrick Kinross, Jannissary dibentuk sebagai buah kekecewaan Sultan Murad I atas pasukan Ghazi yang tidak loyal dan perilakunya buruk. Sebagai pasukan penjaga raja dan istana hal tersebut tentu saja tak patut. Akhirnya tercetuslah awal mula Jannissary.

Jannissary awalnya dibentuk dari para budak-budak dan tawanan perang yang masih belia. Mereka dilatih sedemikian rupa sehingga bisa cukup diandalkan sebagai penjaga sisi-sisi istana. Namun berangkat dari hanya pasukan penjaga, Jannissary bertumbuh menjadi korps terkuat di kemiliteran Turki Usmani.

2. Penyempurnaan Jannissary dan Pendidikan Militer yang Sangar

Jannissary muda menunjukkan perkembangan yang bagus, akhirnya sultan merasa satuan ini bisa dikembangkan menjadi lebih kuat lagi. Akhirnya tercetuslah sistem Jannissary yang baru. Kali ini bukan hanya budak, tapi remaja-remaja termasuk anak-anak sultan juga dilibatkan dalam rekrutmen. Sistem Jannissary makin diperbaiki hingga akhirnya makin oke dan mumpuni.

Dalam tahap pelatihan, para calon Jannissary ini dibimbing dan dilatih dengan sangat keras dan disiplin. Jenis pendidikannya sendiri juga sangat beragam. Tak hanya dipompa kemampuan fisik, tapi juga intelijensinya. Alhasil, pasukan Jannissary pun bagai sebuah unit yang sempurna mereka cerdas otaknya dan juga mematikan kemampuan fisiknya.

3. Spesialisasi Jannissary yang Mengagumkan

Jannissary pada akhirnya mencatatkan angka keanggotaan yang lumayan. Di tahun 1680an jumlah mereka mencapai sekitar 54 ribu orang. Jumlah ini mengerikan untuk sebuah pasukan elit. Nah, kesampingkan sebentar soal jumlah dan mari kita telusuri spesialisasi apa yang bisa dilakukan oleh pasukan ini.

Sama seperti pasukan elit pada umumnya, Jannissary tak cuma dituntut memiliki kemampuan lebih tapi mereka juga harus punya spesialiasi khusus. Diketahui pasukan ini memang terbagi dalam beberapa korps, biasanya berdasarkan kemampuan skill memakai senjatanya. Ada yang ahli memanah, memakai kapak dan pedang, serta senjata api untuk pasukan Jannissary rekrutan termuda. Tak hanya itu, pasukan ini juga memiliki skill membuat bom bahkan medis. Benar-benar korps yang benar-benar lengkap.

4. Misi-Misi yang Sudah Pernah Dilakukan Jannissary

Di masa kejayaan Turki Usmani, kerajaan ini hampir selalu memakai jasa Jannissary dalam setiap pertempuran. Sebut saja penaklukan Dinasti Mamluk yang kuat itu, atau ketika Turki Usmani berkonfrontasi dengan Hungaria dan Austria. Hampir dalam tiap pertempuran Jannissary selalu memberikan kemenangan.

Satu lagi peristiwa yang tak boleh dilupakan adalah bagaimana ketika mereka menaklukkan Konstantinopel. Ya, kota ini bisa dibilang yang paling kuat di masa itu. Hampir banyak pasukan yang berusaha merebutnya namun semuanya gagal. Hingga akhirnya di tahun 1453 Turki Usmani berhasil menguasainya. Jannissary juga terlibat secara penuh di raihan membanggakan itu.

5. Ketika Jannissary yang Hebat Dibubarkan Untuk Selamanya

Setelah kemenangan demi kemenangan, nama Jannissary pun melejit. Pasukan mana pun yang berhadapan dengan mereka akan gemetar kalau tahu musuhnya adalah Jannissary. Sultan pun juga bangga setengah mati dengan unit elit ini. Sayangnya, segala kepopuleran dan pujian membuat para anggota Jannissary terlena.

Alih-alih makin memperkuat diri, banyak anggota Jannissary yang mungkir dari tugas utamanya. Mereka rata-rata malah memilih kehidupan sipil, misalnya hanya fokus kepada keluarga dan bisnis. Hal ini membuat mereka semakin lemah dan tidak disiplin. Dirasa sudah kehilangan spirit perjuangan, akhirnya Sultan pun memutuskan untuk membubarkan pasukan militer terhebat ini untuk selamanya.

Jannissary, mereka berawal dari pasukan ecek-ecek yang tidak diperhitungkan, kemudian bertumbuh menjadi salah satu unit paling mematikan di kerajaan bahkan mungkin dunia. Prestasi mereka dalam perang benar-benar luar biasa. Sayangnya, pada akhirnya pasukan ini dibubarkan karena sepertinya para Jannissary terlena atas semua penghargaan dan pujian yang mereka dapatkan. DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment