Inilah Jumlah Situs 'Jorok' yang Diblokir Kominfo Selama 2013


Rilis diluncurkan Kominfo tentang pencapaian kinerja sepanjang 2013. Salah satunya memblokir konten negatif secara terus menerus.

Mereka mengakui telah memblokir total 10.145 situs, dengan 251 situs diantaranya telah dinormalisasi (situs tak lagi bermuatan negatif).

"Untuk situs pronografi internasional, Kominfo telah memblokir 800.048 situs, dengan situs 207 situs diantaranya telah dinormalisasi," kata Menkominfo Tifatul Sembiring di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat (27/12).

Pada kesempatan itu, Tifatul juga menyoroti keamanan internet nasional Indonesia.

Mengutip laporan terakhir dari ID-SIRTII (Indonesia Security Incident Response Team an Internet Infrastructure), disebutkan keamanan internet Indonesia berada dalam kondisi buruk. Tifatul mengatakan Indonesia menjadi negara dengan target serangan terbesar di dunia.

"ID-SIRTII melaporkan target serangan mencapai 42 ribu serangan tiap hari," ujarnya.

Target serangan itu mengalahkan jumlah serangan ke Amerika Serikat yang mencapai 11.000 serangan per hari. Tempat ketiga yakni China dengan 5000 serangan per hari.

Mengenai besarnya serangan ini, Tifatul beranggapan didorong oleh kesadaran keamanan siber di Indonesia yang masih lemah.

"Serangan di kita besar karena penduduk kita besar. untuk IP address saja kita ada 74 juta IP, belum jika satu orang mempunyai IP lain bisa dua kali lipat," jelasnya.

Pada kesempatan itu, Tifatul juga mengungkapkan dari seluruh serangan yang tercatat, ironisnya sebagian besar berasal dari peretas dalam negeri.

"70 persen dilakukan peretas dalam negeri," kata dia. (pm/viva) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. tapi sayang, jendela poup muslimina masih menggunakan iklan situs jorok

    ReplyDelete