Meski Hadapi Masa Sulit, Qatar Berjanji untuk Terus Dukung Gaza-Palestina


Duta Besar Qatar untuk Gaza Mohammed Al-Emadi berjanji untuk terus mendukung wilayah pantai yang terkepung itu pada kunjungan pertamanya sejak awal krisis Teluk bulan lalu.

Hal itu disampaikan Al-Emadi yang tiba di Gaza bersama Wakil Kepala Pemerintahannya, Khaled Al-Hardan, pada Jumat (7/7) lalu.

“Terlepas dari krisis di Qatar, kami akan terus mendukung Anda. Kami akan membuka proyek Qatar baru dan melanjutkan proyek yang sudah berjalan,” kata Al-Emadi seperti dilansir Aljazeera, Selasa, (11/7).

Selama lima tahun terakhir, Qatar telah menggelontorkan uang rekonstruksi di Gaza senilai 1,4 miliar dolar AS. Dana sebesar itu antara lain untuk rumah sakit dan meningkatkan jalan ke proyek perumahan.

Pejabat Hamas Musheer Al-Masri mengatakan, kunjungan utusan Qatar tersebut menunjukkan kebaikan Qatar untuk Palestina.

“Kunjungan tersebut mengindikasikan dukungan Qatar secara penuh, bukan hanya musiman, bahkan saat Qatar menghadapi masa-masa sulit,” kata dia.

Jurnalis Aljazeera Harry Fawcett melaporkan dari Gaza bahwa kunjungan utusan Qatar tersebut dilihat sebagai kabar baik bagi pemerintahan Hamas yang mendapat tekanan besar, tidak hanya karena blokade “Israel” tapi juga dari Otoritas Palestina yang terus bersaing, yakni Pemerintah di Tepi Barat.

Sekitar dua juta orang yang tinggal di Jalur Gaza, berada di bawah blokade “Israel” dalam kurun waktu 10 tahun ini. PBB telah memperingatkan bahwa krisis kemanusiaan mengerikan yang menimpa Gaza akan membuat wilayah ini tidak dapat dihuni pada tahun 2020. (EZ/Salam-Online)

Sumber: Aljazeera DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment