Waspadai bakso boraks, ini cara mengetahuinya


Bleng adalah campuran garam mineral konsentrasi tinggi yang dipakai dalam pembuatan beberapa makanan tradisional, seperti karak dan gendar. Sinonimnya natrium biborat, natrium piroborat, natrium tetraborat.

Bleng adalah bentuk tidak murni dari boraks, sementara asam borat murni buatan industri farmasi lebih dikenal dengan nama boraks. Dalam dunia industri, boraks menjadi bahan solder, bahan pembersih, pengawet kayu, antiseptik kayu, dan pengontrol kecoak.

Belakangan ini sedang marak bakso mengandung boraks, jadi sebagai penggemar bakso, bagaimana cara kita untuk mengetahui apakah bakso itu mengandung boraks atau tidak?

Nah, jika kamu penggemar bakso, kamu harus bawa tusuk gigi dan kunyit kemanapun kamu pergi. Apa hubungan tusuk gigi dan kunyit dengan bakso boraks?

Berikut ini cerita dan cara mendeteksinya:


  1. Dua siswi SMAN 3 Semarang, Dayu Laras Wening dan Luthfia Adila telah menemukan cara mendeteksi BORAX dengan cara yang sangat mudah dan praktis, yakni dengan TUSUK GIGI.
  2. Tusukkan tusuk gigi ke KUNYIT terlebih dahulu, kemudian tusukkan pada makanan yang akan diuji selama 5 detik, maka akan kelihatan apakah makanan tersebut mengandung BORAX atau tidak. Karena KUNYIT akan bereaksi terhadap bahan kimia. Bila ada kandungan boraxnya, maka tusuk gigi tersebut akan berwarna MERAH. Mereka menamakan temuannya dengan SIBODEX (stick of borak detector).
  3. Temuan mereka ini berhasil menyabet medali emas pada International Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2014, sebuah ajang kompetisi inovasi anak.

Nah, jika kamu penggemar bakso, beginilah caranya agar terhindar dari bakso mengandung boraks, mudah bukan?

Memang terlihat sepele, tapi cara ini sangat mudah dan efektif untuk mengetahui kandungan bakso yang akan kita makan.
(sebarkanlah) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Ternyata cara ini lebih mudah dipraktekkan ya, makasih mas atas infonya. Segera membuat sibodex.

    ReplyDelete