Media Eropa: Jatuhnya Idlib adalah Kemenangan Umat Islam


JATUHNYA Idlib dari tangan Bashar Assad dinilai sebagai kemajuan penting bagi para pejuang Islam.

Bahkan, kekalahan rezim Bashar ini menjadi headline sejumlah situs Arab dan Eropa seperti Al Arabiya, Al Jazeera, Dailystar, AFP, Euronews, dan lain sebagainya

Seperti diketahui, Idlib adalah provinsi yang memainkan peran penting bagi rezim Bashar. Idlib selama ini menjadi jembatan untuk menghubungkan Damaskus dengan Aleppo dan Latakia, basis rezim Syiah di Suriah.

“Kelompok-kelompok Islam di Suriah dilaporkan merebut kota Idlib, ini menjadi pukulan telak bagi rezim Assad,” tulis situs Euronews, Sabtu (28/3/2015).

Sebaliknya, lapor Euronews, bebasnya provinsi Idlib akan menjadi keuntungan besar bagi kaum muslimin. Situs Eropa tersebut memaparkan, para pejuang membentuk aliansi Jaysul Fath yang terdiri dari gabungan elemen perjuangan Islam.

“Ini akan menjadi kemenangan besar bagi kaum muslimin.”

Mereka di antaranya, Ahrar Syam, Liwa Al Haqq, Jaysul Sunnah, Jabhah Nushrah, Jundu Al Aqsha, dan lain sebagainya

“Aliansi kelompok Islam ini menyebut gerakan mereka sebagai operasi Al Fath yang merujuk kepada penaklukan sejumlah wilayah untuk menyebarkan Islam ke Timur Tengah pada abad ke 7,” tulis Euronews.

Sementara itu, aktivis Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, Rahmi Abdelrahman, mengatakan, pertempuran antara kelompok Jaysul Fath melawan tentara rezim berlangsung sangat sengit. Jaysul Fath berusaha memasuki kota dari beberapa sisi, utamanya dari sisi utara dan barat.

Hingga pada Sabtu (28/3/2015) kota Idlib berhasil dibebaskan dan disambut suka cita oleh warga Idlib. [rn/Islampos] DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment