KH. Said Aqil Siradj Sebut PKI Sudah Tidak Ada


Jakarta – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. Said Aqil Siradj mengklaim bahwa Partai Komunis Indonesia (PKI) sudah tidak ada. Ia berdalih bahwa negara-negara komunis di dunia juga sudah tidak ada.

“PKI tidak ada, Komunis di dunia sudah ambruk, Tembok Berlin udah hancur, Yugoslavia sudah bubar, Soviet sudah bubar, dan Cina udah kapitalis,” katanya kepada awak media di gedung PBNU Pusat, Jakarta pada Jum’at (22/09).

Ketika ditanya tentang perbuatan PKI di masa lalu, ia tidak menyalahkan. Menurutnya, itu menjadi bagian dari sejarah Indonesia.

“Kita tidak mengatakan siapa salah siapa benar, itu urusan milik sejarah. Tapi nggak papa kita tonton film (G30S/PKI.red),” ujarnya.

Kyai Said juga mengatakan bahwa menonton film bukan untuk memojokkan pihak tertentu. Namun, untuk me-refresh ingatan masyarakat.

“Ini lho kita pernah mengalami perjalanan seperti itu. Bukan berarti kita memojokkan pihak tertentu, ngapain kita ingin merugikan orang,” tandasnya. DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment