Erdogan menyatakan Turki akan mengerahkan pasukan di Idlib Suriah


Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan pada hari Kamis bahwa Turki akan mengerahkan pasukan di wilayah utara Idlib di Suriah sebagai bagian dari apa yang disebut perjanjian de-eskalasi yang ditengahi bersama Rusia bulan lalu.

Zona “de-eskalasi”, yang disepakati oleh Turki, Rusia dan Iran, akan dibahas lebih lanjut dalam pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam kunjungannya ke Ankara minggu depan, kata Erdogan dalam sebuah wawancara dengan Reuters saat berada di New York untuk menghadiri Sidang Majelis Umum PBB.

“Berdasarkan kesepakatan tersebut, Rusia menjaga keamanan di luar Idlib dan Turki akan menjaga keamanan di dalam wilayah Idlib,” kata Erdogan.

“Tugasnya tidak mudah … Bersama Putin kita akan membahas langkah-langkah tambahan yang perlu diambil untuk memberantas teroris selamanya untuk memulihkan perdamaian.”

Erdogan juga mengatakan bahwa Turki juga mempertimbangkan tindakan balasan, termasuk menjatuhkan sanksi, terhadap Kurdi di Irak utara atas sebuah rencana referendum.

Otoritas Kurdi Irak telah menentang tekanan internasional untuk membatalkan referendum kemerdekaan. Pemerintah Irak khawatir referendum akan memicu kerusuhan di antara populasi Kurdi dan sekutu Barat mereka.

Turki telah mengajukan sebuah rapat kabinet dan sesi dewan keamanan nasional sampai Jumat mengenai referendum, kata Erdogan. Dia mengatakan bahwa parlemen juga akan mengadakan pertemuan luar biasa pada hari Sabtu.

“Tanpa penundaan lebih lanjut, kita akan membahas sanksi seperti apa yang harus diberlakukan dan kapan sanksi akan diberlakukan,” katanya tanpa merinci lebih lanjut.

Pasukan Turki juga melakukan latihan militer di dekat perbatasan Irak dan Erdogan mengatakan pada hari Sabtu bahwa resolusi mengenai penempatan pasukan di luar negeri akan diajukan ke parlemen untuk dilakukan pemungutan suara.

Reuters DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment