Dukung Genosida Rohingya, India Akan Pasok Senjata Ke Militer Myanmar


Ditengah kutukan dunia kepada pemerintah dan junta militer di Myanmar, pemerintah India mempertimbangkan akan memasok senjata ke Myanmar sebagai tanda dukungan untuk menghadapi kritik atas genosida Muslim Rohingya.

Rencana pengiriman senjata dibahas dalam sebuah pertemuan antara panglima Angkatan Laut Myanmar Laksamana Tin Aung San dengan Menteri Pertahanan India Nirmala Sitaraman di New Delhi.

Selain pengiriman senjata, menurut seorang sumber di militer India, kedua pihak membahas mengenai pengiriman kapal patroli ke Myanmar. “Myanmar adalah pilar kebijakan dan pertahanan Look East kita adalah bagian besar dari hubungan tersebut,” ujar pejabat seperti dilansir Reuters pada Kamis (21/9).

Rencana pengiriman senjata ini sendiri terjadi pada saat negara-negara Barat meningkatkan tekanan pada pemerintah Myanmar atas genosida Muslim Rohingya di negara bagian Rakhine.

Myanmar menolak tuduhan tersebut, dengan mengatakan bahwa pasukannya sedang menangani pemberontak Arase Rohingya Salvation Army (ARAS).

Inggris mengatakan pekan ini bahwa mereka menangguhkan program pelatihan militer Myanmar, dan menuntut Yangon mengambil langkah-langkah untuk mengakhiri kekerasan terhadap warga sipil.

India sejak awal krisis meletus di Rakhine bulan lalu, memang telah menyampaikan dukungan kepada pemimpin de facto Myanmar Aung Saan Suu Kyi. Namun seiring menigkatnya kritik dunia internasional, India mengungkapkan keprihatinannya terhadap arus pengungsi Rohingya Ke Bangladesh. (SI/Ram) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment