DUA SERANGAN BOM BUNUH DIRI MENGHANTAM BENTENG HIZBULLAT DI LEBANON, 43 TEWAS


Setidaknya 43 orang tewas dan lebih dari 240 terluka pada Kamis dalam dua ledakan bom bunuh diri yang diklaim dilakukan oleh ISIS di distrik perumahan padat penduduk di pinggiran selatan Beirut, yang merupakan basis kelompok Syiah Hizbullat.

Ledakan ini adalah serangan pertama dalam kurun waktu lebih dari satu tahun yang menargetkan basis Hizbullat di Lebanon, dan terjadi pada saat kelompok ini meningkatkan keterlibatannya dalam perang Suriah.

Hizbullat telah mengirimkan ratusan milisi untuk mendukung pasukan rezim Bashar al-Assad dalam konflik empat tahun di perbatasan. Pasukan rezim yang didukung oleh Hizbullat dan pasukan Iran telah meningkatkan serangan mereka melawan pejuang Sunni, dengan Rusia meluncurkan kampanye serangan udara dalam mendukung Assad pada 30 September.

Ledakan terjadi hampir bersamaan pada Kamis dan menghantam sebuah pusat komunitas Syiah dan roti di dekatnya di daerah komersial dan perumahan Borj al-Barajneh, kata sumber-sumber keamanan. Sebuah dijaga ketat di rumah sakit Hizbullah-run juga dekat.

Menteri Kesehatan Wael Abu Faour mengatakan 43 orang tewas dan 240 orang terluka.
IS dalam sebuah pernyataan yang diposting online oleh para pendukungnya menyatakan bahwa anggotanya meledakkan sepeda motor sarat dengan bahan peledak di Borj al-Barajneh dan ketika orang-orang berkumpul, seorang pembom bunuh diri lainnya meledakkan dirinya di antara mereka. Kelompok itu mengatakan serangan menewaskan 40 orang.

Hizbullat bersumpah untuk melanjutkan perjuangan melawan "teroris", dan memberikan peringatan "perang yang panjang" melawan musuh-musuhnya.

Paramedis bergegas untuk mengobati korban luka setelah ledakan, yang merusak etalase toko dan membuat jalan menjadi berlumuran darah dan penuh dengan pecahan kaca.

Menteri Dalam Negeri Nouhad Machnouk mengatakan seorang pembom bunuh diri ketiga telah terbunuh oleh salah satu ledakan sebelum ia bisa meledakkan bomnya. Tubuhnya ditemukan di dekat lokasi kejadian.

Itu adalah pukulan untuk langkah-langkah keamanan ketat oleh Hizbullat di wilayahnya, yang juga menjadi target pemboman tahun lalu. Tentara juga telah mendirikan pos pemeriksaan di sekitar pintu masuk pinggiran selatan.

Serangkaian ledakan bom melanda Lebanon pada 2013 dan 2014, termasuk serangan terhadap benteng Hizbull. Kebanyakan serangan itu diklaim oleh gerilyawan Sunni dalam menanggapi aksi Hizbullat mengirim milisi mereka ke Suriah untuk mendukung Assad.

Keterlibatan Hizbullah telah membawa banyak ancaman terhadap keamanan Lebanon.
Pasukan keamanan mengatakan mereka telah menggagalkan sejumlah serangan di dalam negeri baru-baru ini. Sebuah sumber keamanan mengatakan seorang pria yang mengenakan rompi bunuh diri ditangkap di Tripoli pada Kamis, dan bom dijinakkan di utara kota.

Reuters/Middle EAST Update DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment