Heboh Foto Palsu Jokowi Umroh, Akhirnya pelaku edit Photoshop Foto Jokowi terungkap sendiri..!!!s

Oleh : Aqshaya Aqshaya/kompasiana

Hanya dengan melihat kebiasaan Jokowi menyisir rambut, Pemalsu Foto Jokowi terungkap.

Kampanye hitam yang menghantam masing-masing kubu Calon Presiden semakin meresahkan. Sejak dimulainya masa kampanye, atau bahkan jauh sebelum kampanye Pilpres dimulai, publik sudah sering disuguhi berbagai macam berita fitnah yang dilengkapi dengan foto-foto editan sebagai bukti pendukung dari dari fitnah tersebut. Publik resah dan berharap pihak yang berwenang dapat mengungkap pelaku penyebaran foto palsu tersebut. Kedua kubu saling mengelak dan menuduh kalau pelakunya adalah kubu lawan yang sering melakukan penyebaran foto yang sudah diedit sehingga menjadih fitnah.

Kenyataannya. Dari berbagai fitnah yang ada, kubu Prabowo lah yang sering dituduh sebagai pelaku penyebaran fitnah. Kubu Prabowo sering dituduh melakukan penyebaran foto palsu.

Sepert yang baru saja terjadi, dimana tersebar fitnah kalau Jokowi hanya melakukan Umroh pencitraan yang tentu saja dituduhkan ke kubu Prabowo sebagai pelakunya. Kubu Prabowo dianggap menggunakan foto yang sudah diedit untuk menggambarkan Jokowi tidak paham rukun-rukun beribadah Umroh. Tentunya kubu Prabowo bersikeras bahwa foto tersebut adalah asli karena bersumber dari MetroTv yang merupakan media partner Jokowi. Dan menyatakan kalau maksud menmuat foto tersebut hanya mempertanya cara berpakaian Jokowi saja tanpa ada maksud memfitnah. Dari suasana yang tidak nyaman ini, bagaimanakah seharusnya masyarakat bersikap?

Untuk lebih memahami persoalan tersebut, terlampir kronologisnya:

1. Hari Senin kemarin, MetroTV, media partner kubu Jokowi melalui Twitter resminya meluncurkan foto Jokowi yang sedang beribadah Umroh.
2. Ternyata foto yang dirilis tersebut menimbulkan kritik yang mempertanyakan cara pemakaian Kain Ihram Jokowi yang dianggap berbeda dengan yang lainnya. Dimana yang lainnya pundak kanannya yang terbuka, tetapi Jokowi lain sendiri, pundak kirinya yang terbuka. Beragam macam analisis pun ramai bermunculan di social media seperti terlampir.
3. Atas kritikannya tersebut, Metro TV buru-buru menarik foto yang telah dirilis sebelumnya. Sehingga publik yang penasaran tidak dapat melihat dari Twitter resmi MetroTv lagi.

4. Kritikan yang bermunculan dimasyarakat ternyata mambuat kubu Jokowi risau, dan menganggap kalau foto tersebut palsu dan fitnah. Melalui akun Facebook Forum Relawan For Jokowi, mereka berekasi dengan merilis sanggahan atas kritik tersebut dengan merilis foto yang dianggap asli seperti terlampir:
Lebih jelasnya terlampir dibawah ini dimana foto yang ada atas diklaim sebagai foto yang asli sedangkan yang dibagian bawah dianggap palsu
5. Menanggapi unggahan Relawan For Jokowi tersebut, dan untuk menepis kalau foto yang diupload hanya fitnah, reaksipun berdatangan untuk membuktikan foto yang diusung sebelumnya adalah bukan fitnah dengan melampirkan foto lainnya, dimana dalam foto tersebut Kain Ihram yang dipakai Jokowi memang benar-benar terbalik:
Dari kasusu diatas, agar bersifat objektif, kita dapat melihatnya dari urutan kronologis diatas, yang sebenarnya sangat mudah dilihat mana foto yang asli dan foto yang palsu.

1. Foto pertama kali diunggah oleh Metro TV sebagai Media Partner yang loyal terhadap Jokowi.  Tidak meungkin sengaja merilis foto yang nerugikan Jokowi.

2. Keaslian foto tersebut diperkuat dengan foto lainnya (Foto no. 5)

3. Foto yang diunggah oleh Relawan For Jokowi pada foto nomor 4 dapat dipastikan palsu, dimana terlihat mereka kurang teliti dalam mengedit foto tersebut. Bisa dilihat pada potongan rambut Jokowi, dimana belahan rambut Jokowi biasanya dari kiri ke kanan. Selain itu wajah Jokowi tampak tidak proporsional, lebih besar dari yang seharusnya. Bisa juga dilihat dari tangan dan lipatan tangannya yang berbeda.

Dari sini bisa dilihat kalau sebenarnya pihak kubu Forum Relawan For Jokowilah yang melakukan pembohongan publik dengan melampirkan foto yang sudah di editnya sendiri. Seharusnya kubu Relawan ForJokowi tidak perlu menanggapi secara berlebihan dengan memalsukan foto tersebut yang akhirnya justru membuat blunder untuk diri Jokowi. Sebenarnya yang dikritis adalah hal yang lumrah dan sederhana. Biarkan Pak Hasim Muzadi yang menjelaskannya, karena beliau ada dilokasi dan lebih tahu keadaan sebenarnya dan alasan kenapa Kain Ihram Jokowi dipakai terbalik. Publik pasti akan percaya kepada beliau, karena tidak mungkin kalau Pak Hasim akan menjawab dengan kebohongan juga.

Miris kalau ternyata yang selama ini melakukan peditan foto yang merugikan Jokowi justru pelakunya dari kubu Jokowi sendiri. Blunder yang dilakukan kubu Jokowi ini justru menjawab pertanyaan siapa yang sering melakukan pengeditan foto dalam meluncurkan fitnah. Seperti sebelumnya ada foto duka cita/ Rest in Peacenya Jokowi yang diduga dibuat oleh kubu Jokowi sendiri untuk mencitrakan sebagai pihak yang selelu dizolimi untuk mendapatkan simpati rakyat. Apakah hal ini menggambarkan apa yang dikatakan oleh Anies Baswedan bahwa “Perilaku pendukung menggambarkan siapa yang didukungnya? Silahkan analisa sendiri.

Saya menyarankan agar sebaiknya masing-masing kubu agar bertindak secara hati-hati. Karena tindakan yang blunder ini dapat disalah-gunakan secara tidak tepat oleh kubu lawannya untuk memperkeruh suasana. Mengingat waktu pemilihan tinggal menunggu besok, sebaiknya masing-masing pihak dapat menahan diri untuk menuju Pemilihan Presiden yang kita tunggu secara damai.

Wassalam.


Salam Indonesia DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

21 komentar:

  1. yg editan kelihatan banget kok di kain tepat atas kedua tangannya. Ngeditnya kasar, sehingga editan kain putih yang dipaksakan terbalik itu keliatan :)

    ReplyDelete
  2. Pengamatan tambahan:
    Foto No. 4 dibawah gambar FB "Forum Relawan Jokowi" yang membandingkan asli dan palsu kita sepakati dengan penamaan A=Atas dan B=Bawah.

    PERSAMAAN antara Foto A dan B:
    1. Sumber Cahaya (Lampu)
    Mari kita cermati orang-orang yang mengelilingi dan paling dekat dengan P. Jokowi, karena paling mewakili :
    - Bapak berkumis yang berada dibelakang sebelah kanan P. Jokowi, pipi kiri bapak tersebut terdapat bayangan orang yang kemungkinan dari pria-pria tinggi yang dibelakang sebelah kiri P. Jokowi, tapi lebih besar kemungkinan merupakan bayangan dari kepala P. Jokowi bila ditinjau dari posisinya yang lebih dekat dengan P. Jokowi.
    - Pria tinggi berseragam dengan baju warna putih yang berada dibelakang sebelah kiri P. Jokowi, tampak pada dada sebelah kiri gradasi cahayanya agak lebih terang dibandingkan dengan sebelah kanan.
    - Bapak berseragam dengan baju warna putih yang berada didepan sebalah kiri P. Jokowi, pada pundak kirinya tampak lebih terang dibandingkan pundak kanannya karena bayangan kepala beliau sendiri.
    - Bapak berpeci putih yang berada didepan sebelah kanan P. Jokowi, pada pundak kirinya juga tampak lebih terang, sedangkan sebelah kirinya ada bayangan kepala beliau sendiri.
    Analisa: sumber cahaya lampu terdekat (lebih terang) adalah dari sisi sebelah KIRI depan dibandingkan sisi KIRI belakang P. Jokowi.

    PERBEDAAN antara Foto A dan B:
    1. Sumber Cahaya (Lampu)
    - Berdasar analisa persamaan antara foto A dan B, sumber cahaya berasal dari sisi kiri depan P. Jokowi;
    Foto A: Bayangan kepala P. Jokowi berada dipundak kirinya sedangkan pundak kanannya terdapat pantulan cahaya yang jauh lebih terang, hal ini menunjukkan bahwa arah cahaya pada foto A BERLAWANAN dengan sumber cahaya terdekat.
    Foto B: Bayangan kepala P. Jokowi berada di pundak kanan dan pundak kirinya terdapat pantulan cahaya yang lebih terang, hal ini menunjukkan bahwa arah cahaya pada foto B SESUAI dengan sumber cahaya terdekat.
    2. Lipatan / Lengkungan kain Ihram dari atas hingga bawah tangan P. Jokowi;
    - Foto A terdapat arah lengkungan kain dengan arah dari kiri menyilang kekanan hingga sebatas sekitar ulu hati saja, namun arah lengkungan kain pada bagian perut / tepat diatas tangan P. Jokowi mulai berbeda atau BERLAWANAN ARAH dari kanan ke kiri hingga bagian bawah.
    - Foto B menunjukkan lengukan kain ihram P. Jokowi SEARAH dan SELARAS dari atas hingga bawah melintang dari kanan ke kiri.

    KESIMPULAN:
    Berdasar pengamatan tersebut, saya simpulkan bahwa Foto A (ATAS) adalah HASIL EDITAN atau sudah dirubah..

    Saya mengamati, membandingkan, menganalisa dan menyimpulkan kedua foto diatas semata-mata hanya untuk mencermati foto mana yang paling tidak rasional.

    #INDONESIA SATU

    ReplyDelete
    Replies
    1. "Akan datang suatu masa dimana yg benar dianggap salah, dan yg salah dianggap benar..."
      Berita di atas ingin menunjukkan bahwa yg PALSU itu ASLI, dan yg ASLI ingin dianggap PALSU... arah cahaya yg jatuh pada obyek yg berdekatan masa berbeda? Editor pic-nya msh amatiran mas... hehehe

      Delete
  3. mbah ko belahan rambutnya ga ikut di benerin ya? hahahahaha
    belahan joowi itu ke kanan, bukan ke kiri

    ReplyDelete
  4. Padahal yang upload foto duluan dati metronews.com :D

    ReplyDelete
  5. Yg busuk pasti tercium juga baunya

    ReplyDelete
  6. lihat link ini kalau mau kebenaranya lewat vdeo bukan foto
    http://www.youtube.com/watch?v=ZgiMB98sBpw&feature=youtu.be

    ReplyDelete
  7. Becik ketitik olo ketoro

    ReplyDelete
  8. Semoga saja PRABOWO yang menang..aamiin.

    ReplyDelete
  9. Goblokkkk. Tu yg d edit cuma photo jokowi yg d rotate. Jadi ga ngefek ke benda yang lain. Pikir. Salam 2 jari

    ReplyDelete
  10. infonya bermanfaat banget, membuat yakin pada pilihan no ONE ....
    kebohongan pasti akan terungkap, kapanpun, siapapun, dan bagaimanapun caranya ....
    semoga semua tim relawan jokowi diberi hidayah agar kembali ke jalan yang benar ....

    ReplyDelete
  11. bisa di liat dari belahan rambut nya, ga kyk biasa nya hahahaha
    pembohongan publik itu editan nya

    ReplyDelete
  12. Dari bayangan kepala terhadap sumber cahaya aja sdh kliatan jelas mana yg hasil editan mana yg asli...Gusti Alloh ora turu...jadi kasihan ama pak Hasyim Muzadi...harusnya ikut kelompok ulama yang mayoritas...

    ReplyDelete
  13. Informasi yg berguna bagi yg sedang belajar photoshop, tp gak berguna buat pemilih. Karna pemilih sudah punya pilihan masing2 tanpa black campaign..

    ReplyDelete
  14. Pak Jokowi yg terhormat, jika sudah pergi ke Tanah Suci Mekkah dan Masjidil Haram....Semua akan diperlihatkan oleh Allah SWT keburukan, kebaikan dan semua sifat-sifat asli manusia akan keluar disana, karena semua Jama'ah yang sudah pernah pergi Umroh maupun ber Haji selalu mendapatkan cobaan dan hidayah dan dinampakkan oleh Allah SWT sifat-sifat buruk dan baik apabila berada ditanah suci Mekkah Al Mukarramah. Agama Islam serta Rukun Islam bukan untuk bahan pencitraan dan olok-olok lebih baik Pak Jokowi bertaubat. amin

    ReplyDelete
  15. pada kronologis nomor 4, sangat jelas rlihat editannya...mana yang asli dan tidak...
    bagi saudara yang sulit membedakan,,,coba lihat kerita kain pada kain ihram bapak jokowi..
    bedakan kerutan pada posisi dada dan pinggang...akan terlihat jelas mana yang asli..

    ReplyDelete
  16. Saya tetap pilih Prabowo...

    ReplyDelete