Fakta Sejarah, Muslim Rohingya Pernah Bantu Kekhalifahan Turki Utsmani


Muslim Rohingya telah menunjukkan solidaritas dengan orang-orang Turki lebih dari seratus tahun yang lalu, sejak Perang Dunia ke 1, Wakil Perdana Menteri Fikri Isik mengatakan pada hari Jumat, dengan mengutip sebuah dokumen yang diarsipkan.

Dokumen dari Arsip Ottoman menunjukkan hubungan solidaritas yang erat antara muslim Rohingya dengan Kekaisaran Ottoman (Turki Utsmani).

Isik mengatakan bahwa Rohingya telah mengirim 1.391 pound ($ 1.833) untuk membebaskan korban luka, anak yatim piatu, janda dan keluarga para martir selama Perang Balkan kedua, yang pecah di antara negara-negara Balkan untuk menduduki tanah Utsmaniyah pada tahun 1913.
Ahmed Mawla Dawood, kepala Dana Bantuan Utsmani yang berbasis di Yangon Myanmar, yang sebelumnya dikenal dengan nama Rangoon, telah mengirim sebuah surat kepada Wazir Agung untuk mengucapkan selamat kepadanya atas kemenangan tersebut.

“Saya mohon untuk mengkonfirmasi kabel saya bahkan tanggal yang menasihati pengiriman pengiriman uang dengan kabel hari ini setara dengan £ 1,391 …,” kata Dawood dalam suratnya.

“Saya mengambil kesempatan ini untuk mengucapkan selamat kepada Yang Mulia dan anggota kabinet Anda dan semua rekan Turki atas petualangan Adrianople yang luar biasa. Petualangan yang mengagumkan dan (merebut kembali) beberapa wilayah yang hilang dan dengan demikian mengembalikan kemuliaan Kekhalifahan Turki Utsmani,” Tulis surat itu.

Surat ini menandai kemenangan Ottoman (Turki Utsmani) atas orang-orang Bulgaria saat Ottoman merebut kembali provinsi Edirne, Turki barat laut.

“Saya juga memberi tahu Yang Mulia bahwa orang-orang Mussulman [Muslim] bersukacita atas diambilnya kembali wilayah yang hilang dan kesuksesan baru-baru ini dari saudara-saudara Turki,” katanya.

Orang paling teraniaya di dunia

Menteri mengatakan kantor luar negeri Ottoman mengucapkan terima kasih kepada Dawood atas kontribusinya.

“Muslim Rakhine, yang telah kami tangani, telah memobilisasi pada masa lalu untuk para martir kami, para korban yang terluka dan janda kami di masa-masa sulit,” tambah Isik.

Rohingya, yang digambarkan oleh PBB sebagai orang-orang yang paling teraniaya di dunia, telah menghadapi ketakutan yang meningkat atas serangan tersebut sejak puluhan orang terbunuh dalam kekerasan komunal pada tahun 2012.

Oktober lalu, setelah serangan terhadap pos-pos perbatasan di distrik Maungdaw Rakhine, pasukan keamanan Myanmar melancarkan tindakan keras selama lima bulan di mana, menurut kelompok Rohingya, sekitar 400 orang terbunuh.

PBB mendokumentasikan pemerkosaan kelompok massal, pembunuhan – termasuk bayi dan anak kecil – pemukulan brutal dan penghilangan yang dilakukan oleh petugas keamanan.

Dalam sebuah laporan, penyidik ​​PBB mengatakan bahwa pelanggaran hak asasi manusia merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Kekerasan baru meletus di negara bagian Rakhine, Myanmar, hampir dua minggu yang lalu ketika pasukan keamanan melancarkan operasi terhadap komunitas Rohingya.

Bangladesh, yang telah menjadi tuan rumah sekitar 400.000 pengungsi Rohingya, telah menghadapi masuknya pengungsi baru sejak operasi keamanan diluncurkan.

Sumber: aa.com/https://www.seraamedia.org/2017/09/10/fakta-sejarah-muslim-rohingya-pernah-bantu-kekhalifahan-turki-utsmani/ DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment