Di Forum OKI, Erdogan Desak Bantu Rohingya


Astana – Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan kembali mendesak negara-negara Muslim  “menggunakan segala cara yang ada” untuk menghentikan kekejaman tentara Myanmar terhadap etnis minoritas Muslim Rohingya.

“Kami ingin bekerja sama dengan pemerintah Myanmar dan Bangladesh untuk mencegah keadaan buruk kemanusiaan di kawasan ini,” katanya pada sesi pembukaan pertemuan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di Astana pada Ahad (10/09)

Selanjutnya, Erdogan mengatakan bahwa Turki telah menawarkan bantuan kepada Bangladesh agar mereka bisa membantu Muslim Rohingya melarikan diri dari kekerasan di Myanmar.

“Organisasi internasional dan kita sebagai negara Muslim pada khususnya, harus berjuang bersama dengan menggunakan segala cara yang ada untuk menghentikan kekejaman itu,” tegasnya.

“Kami juga meminta pemerintah Myanmar untuk menerima misi pencarian fakta Dewan HAM PBB untuk melakukan investigasi menyeluruh dan independen atas semua dugaan pelanggaran undang-undang hak asasi manusia internasional dan untuk membawa pelaku ke pengadilan,” tambahnya.

Sebelumnya, Erdogan telah berjanji untuk mengangkat isu genosida Rohingya pada pertemuan tahunan Majelis Umum PBB akhir bulan ini.

Setelah pertemuan puncak tersebut, presiden Turki juga akan mengadakan pertemuan tertutup dengan Presiden Bangladesh Abdul Hamid dan juga para pemimpin lainnya. [Hun]

Sumber: Anadolu Agency/Kiblat DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment