Keajaiban Bahasa Pada Kata "Telolet"



Sekarang lagi trend bahas "telolet" di dunia maya. Saya mau ikutan trend nih ceritanya, tapi dari sisi bahasa. Kata telolet memiliki keajabian bahasa yang disebut palindrome, yaitu kata atau kalimat yang dibaca sama baik dari depan ke belakang ataupun dari belakang ke depan. Coba baca T-E-L-O-L-E-T dari depan atau belakang sama-sama TELOLET. Contoh lainnya dalam bahasa kita: Kasur ini rusak.
Nah, dalam Al-Qur'an, ada dua ayat yang bentuknya seperti ini. Ajaibnya, tak ada seorang Arab pun yang pernah mengucapkan model kalimat yang seperti ini. Ini menunjukkan Al-Qur'an bukanlah karangan manusia, melainkan ia adalah kalamullah. Dua ayat tersebut adalah:
كُلٌّ فِي فَلَكٍ يَسْبَحُونَ (Al Anbiya : 33)
وَرَبَّكَ فَكَبِّرْ (Al Muddattsir : 3)
Perhatikanlah pada kalimat :
ربك فكبر
dan
كل في فلك .
Silakan dibaca dari depan maupun dari belakang, lafadznya tetaplah sama. Dalam bahasa Arab, palindrome ini disebut Al-Maqlub Al-Mustawiy.
Ibnu 'Asyur dalam tafsirnya mengatakan bahwa kedua ayat ini termasuk "Mutabakkiraat Al-Qur'an" yaitu kalimat, lafadz, susunan, atau uslub bahasa yang tidak pernah digunakan sebelumnya oleh orang Arab namun fashih dari sisi bahasa yang menunjukkan keajaiban Al-Qur'an. Masya Allah.
Ust Tasudin Dayeuhluhur DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment