Surat kabar terbitan 1927 Ungkap upaya Iran untuk mengacaukan Ibadah haji


Netizens telah mengunggah di Twitter halaman surat kabar yang diterbitkan tahun 1927, memberitakan bahwa Iran telah berusaha untuk mengacaukan pelaksanaan ibadah haji di Arab Saudi.

Halaman dari surat kabar Al-Fath mengatakan bahwa Iran telah menerbitkan informasi palsu sehubungan dengan ritual haji tahunan di KSA untuk mendiskreditkannya.

Halaman koran Al-Fath mencontohkan kasus Menteri Dalam Negeri Afghanistan Muhammad Khan Ghulam Shah, yang berencana datang ke Arab Saudi untuk melakukan haji.

Dia membaca berita mengenai haji di KSA dari media Iran, tetapi ketika ia tiba di Saudi untuk melakukan haji ia menemukan realitas yang bertentangan dengan apa yang sebelumnya telah ia baca.

Sejumlah jamaah Iran menggelar demonstrasi selama musim haji tahun 1987, yang mengakibatkan bentrokan berdarah ketika jamaah haji Iran membuat kerusuhan di jalan-jalan Makkah.

Jamaah Iran menggelar demonstrasi politik di tempat-tempat suci, mengangkat gambar pemimpin tertinggi Iran Khomeini, dan meneriakkan slogan-slogan provokatif tentang revolusi Iran.

Mereka juga dikabarkan memutus jalan, memblokir lalu lintas, mencoba menyerbu Masjid Agung, dan meneriakkan slogan anti Amerika Serikat dan Israel.
Ini menyebabkan bentrokan antara jamaah haji Iran dan pasukan keamanan lokal.

Pada tahun 1989, Iran dan beberapa jamaah Kuwait dari kelompok “Hizbullah dari Hijaz,” juga terlibat dalam upaya menggunakan gas untuk meracuni ribuan jamaah haji di Al-Ma’aisim Tunnel di Makkah, dan ini dilakukan melalui koordinasi dengan pihak berwenang Iran. Setelah itu, Iran diboikot dari musim haji 1990-1998 di Arab Saudi.

Arab News DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment