Sebentar Lagi Turki Akan Sukses Membuka Blokade Gaza


Pemerintah Turki dan Israel mencapai konsensus setelah upaya diplomatik enam tahun yang melelahkan di Roma, dan ini berarti bahwa blokade Gaza akan dicabut. Sebuah kesepakatan antara kedua pihak diharapkan dapat membantu memecahkan masalah di wilayah tersebut

Delegasi Turki dan Israel bertemu di Roma pada akhir pekan untuk menyelesaikan kesepakatan rekonsiliasi antara kedua pihak, dan Ankara telah berhasil menerima permintaan maaf dari Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, kompensasi untuk para korban serangan Mavi Marmara dan pencabutan blokade Gaza setelah enam tahun perjuangan diplomatik.

Seorang pejabat senior Turki mengatakan kepada Daily Sabah pada Senin pagi bahwa Turki mencapai kesepakatan dengan Israel untuk menormalkan hubungan bilateral pada hari Minggu di Roma, Italia.

Berdasarkan perjanjian tersebut, Turki akan memiliki akses untuk memberikan bantuan kemanusiaan dan produk non-militer lainnya ke Gaza dan melakukan investasi infrastruktur di daerah tersebut. Seiring dengan pembangunan perumahan baru, Turki akan menyelesaikan pembangunan rumah sakit 200 tempat tidur di Rumah Sakit Gaza.

Pejabat senior Turki mengatakan bahwa langkah-langkah konkrit yang akan diambil adalah untuk mengatasi krisis energi dan air di Gaza sebagai bagian dari kesepakatan. Jumlah listrik dan air minum untuk warga Gaza akan meningkat dan pembangkit listrik baru akan dibangun.

Perjanjian Turki-Israel juga akan memungkinkan bagi Turki untuk meluncurkan proyek-proyek besar di Tepi Barat termasuk zona industri Jenin.

Pejabat Turki juga mengatakan bahwa tidak ada kesepakatan tentang Hamas dalam perjanjian dan menambahkan bahwa Turki akan terus mendukung negara Palestina dan orang-orang Palestina.

“Perjanjian tersebut merupakan kemenangan diplomatik bagi Turki, yang diasumsikan sikap yang tetap memegang prinsip dan tekad setelah serangan Mavi Marmara,” katanya.

Kemudian pada hari Senin, Netanyahu menghubungi Wakil Presiden AS Joe Biden. Departemen Luar Negeri AS mengeluarkan pernyataan mengenai pembicaraan tersebut. “Perdana Menteri Netanyahu Israel menghubungi Wakil Presiden hari ini untuk berterima kasih padanya untuk mendorong perundingan normalisasi antara Israel dan Turki. Wakil Presiden mengucapkan selamat kepada Perdana Menteri (Netanyahu) atas kemajuan ke arah rekonsiliasi dengan Turki, mencatat keamanan positif yang signifikan dan manfaat ekonomi bagi kedua negara dan wilayah luas di Mediterania Timur, “kata pernyataan itu.

Menurut media Israel, kabinet keamanan Israel telah merencanakan untuk mengadakan pertemuan pekan ini untuk menyetujui kesepakatan. Seorang pejabat senior Israel juga mengatakan hari Minggu bahwa Turki dan Israel telah mencapai kesepakatan untuk menormalkan hubungan.

Ankara belum membuat pernyataan resmi mengenai waktu persetujuan kesepakatan ini. Perdana Menteri Binali Yildirim diperkirakan akan mengadakan konferensi pers besok pukul 1:00 mengenai rincian dari kesepakatan.

Israel setuju untuk membayar kompensasi kepada para korban serangan Mavi Marmara selain meminta maaf, mengangkat blokade Gaza sebagai satu-satunya hambatan dalam rekonsiliasi antara Turki dan Israel. Turki ingin bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza dijamin aksesnya tanpa terputus dan bersikeras pada pemecahan masalah infrastruktur dan energi di sana.

Setelah serangan Mavi Marmara, pemerintah Israel mengambil langkah menuju rekonsiliasi pada 24 Maret 2013, ketika Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, di bawah dorongan dari Presiden AS Barack Obama, meminta maaf atas kesalahan penggerebekan selama konferensi dengan Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan. Israel juga setuju untuk membayar kompensasi kepada keluarga korban.

Setelah mencapai konsensus tentang mengangkat blokade Gaza, Israel dikabarkan akan menulis sebuah kesepakatan rekonsiliasi bersejarah dengan Turki.

Sebelumnya, Turki adalah sekutu regional utama Israel sampai kedua negara memutuskan hubungan pada tahun 2010 menyusul serangan Israel pada kapal bantuan Turki yang menuju Gaza yang mengakibatkan kematian sembilan warga Turki dan seorang aktivis Amerika ketika berusaha untuk mematahkan blokade.

Di tengah proses pembicaraan yang melelahkan antara Turki dan Israel, Presiden Erdogan dan Perdana Menteri Binali Yildirim bertemu pemimpin kelompok Palestina Hamas, Khaled Mashal, di Istanbul pada hari Jumat.

Erdogan dan Mashal membahas bagaimana solusi menyelesaikan perbedaan pendapat di antara kelompok Palestina serta bantuan kemanusiaan Turki, sumber dari kepresidenan mengatakan.

Daily Sabah/http://www.middleeastupdate.net/ DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment