Pudding Mengandung Darah Babi Ini Diberi Label ‘Halal’


Permohonan maaf dikeluarkan sebuah perusahaan makanan India kepada konsumen muslim di Inggris. Produk tersebut bernama black pudding buatan Punjab Pankora yang mengandung babi, namun tertulis kata ‘halal’ pada kemasannya. Black pudding diketahui mengandung jejak darah babi dan kulit babi. Keduanya tertera jelas pada kandungan bahannya.

Pudding tersebut dijual di rak-rak supermarket Aldi dan secara online. Pada kemasannya terdapat cap UK Health Code serta label ‘halal’ yang bisa dikonsumsi muslim.

Setelah dihubungi oleh konsumen yang marah karena kontradiksi itu, jaringan Aldi pun meminta maaf dan menekankan akan mengembalikan uang konsumen.

Pakora sendiri menyuplai black pudding ke supermarket Aldi melalui perusahaan Punjab Pakora yang berbasis di Skotlandia. Perusahaan ini memproduksi sederet sajian India.

Pemilik perusahaan, Kushal & Vinita Duggal, mengatakan kesalahan terjadi karena manajer yang bertugas terkait cetak label produk tidak menyadari kekeliruan itu.

“Kesalahan terjadi saat pencetakan dan sayangnya manajer kami tidak melihat error ini dan mendapat persetujuan untuk mencetaknya,” ucap Kushal & Vinita Duggal pada laman Halal Focus seperti dilansir fooddetik, Senin (18/05/2015).

Menurut pemilik Punjab Pakora, mereka telah berusaha keras memperbaiki kesalahan itu dan mengontak klien-klien yang terlibat. Adapun juru bicara supermarket Aldi mengatakan perusahaannya sedang menginvestigasi insiden tersebut.

“Terkait Punjab Pakora Black Pudding Pakora (Disuplai oleh Punjab Pakora), kami sedang menyelidiki masalah ini dengan penyuplai, yang menyebut kemasan itu salah diberi label bersertifikat halal dan masalah saat ini sedang diperbaiki,” tutur juru bicara Aldi.

Masyarakat muslim di Inggris pun menyayangkan Punjab Pakora dan Aldi yang terlambat menyadari kesalahan. Mereka merasa tersinggung karena disesatkan klaim palsu makanan halal atau kebohongan terkait makanan yang dikonsumsi.

Black pudding sendiri merupakan sosis darah yang banyak dikonsumsi sebagai menu sarapan di Inggris dan Irlandia. Umumnya black pudding terbuat dari darah babi.
(gemaislam)
DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment