Amati Hal Ini Saat Anda Berada di Pantai. Hanya Beberapa Menit Dapat Menyelamatkan Hidup Anda.


Pergi ke pantai memang kerap menjadi pilihan saat mengisi liburan. Keindahan alam berupa hamparan pasir dan deburan ombak menjadi daya tarik. Berenang atau bermain air laut menjadi aktifitas pilihan, deburan ombak dengan busa putih yang menerjang menjadi sensasi tersendiri.

Berenang atau bermain air laut memang asyik, namun anda perlu waspada, ada yang harus anda ketahui tentang tabiat air laut. Amati fenomena alam yang terlihat sederhana ini ketika anda berada di pantai, hanya butuh sedikit perhatian namun bisa menyelamatkan hidup anda.
Jika Anda melihat kekosongan gelombang laut (seperti pada gambar di atas) jangan sekali-kali  mencoba untuk mendekatinya, ini bisa menyebabkan kematian.

Zona air yang mengalami kekosongan gelombang tersebut disebut Rip Current atau arus pecah. Rip Current memiliki daya hanyut yang sangat kuat dan akan menarik Anda lebih jauh ke tengah laut.  Dengan kecepatan 0,5 hingga 2,5 meter per detik, arus pecah dapat mematikan untuk para non-perenang,  seseorang yang berdiri sepinggang di dalam air dapat terseret jauh ke perairan yang lebih dalam. Topografi bumi yang bervariasi membuat beberapa pantai lebih cenderung memiliki arus pecah, beberapa terkenal sangat membahayakan.
Rip current ini terjadi akibat adanya angin yang mendorong gelombang laut menuju pantai, air sering didorong menyamping oleh gelombang yang mendekat. Air ini mengalir ke sepanjang garis pantai sampai menemukan jalan keluar kembali ke laut atau ke perairan danau yang terbuka. Arus pecah yang dihasilkan biasanya sempit dan memanjang menjorok kearah laut.
Kesalahpahaman yang umum adalah bahwa arus bawah cukup kuat untuk menyeret orang di bawah permukaan air namun arus ini sebenarnya kuat di permukaan, dan dapat memperkecil gelombang yang datang, sehingga menyebabkan adanya ilusi bahwa permukaan air tersebut relatif tenang, dan memancing perenang untuk masuk ke dalam air.

Rip current atau arus pecah menjadi lebih kuat ketika gelombang angin sangat kencang (seperti saat angin darat tinggi, atau ketika terjadi badai besar di lepas pantai) atau saat air pasang sedang rendah. yang mendesak kembali ke tengah laut dan hal ini terjadi hanya beberapa menit.

Harap berhati-hati, terlebih jika anda mengajak anak-anak berenang. Jangan sampai acara liburan anda di pantai menjadi acara duka. Silakan berbagi informasi ini untuk memperingatkan keluarga dan teman-teman yang ingin berlibur ke pantai.
(kabarsalam) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment