SBY Adalah Presiden RI Pertama yang Mengakui Ilmu Hitam


Peluncuran buku baru karangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, "Selalu Ada Pilihan." menarik perhatian media internasional. Menariknya, cerita SBY soal ilmu hitam seperti tertulis dalam buku itu juga mendapat perhatian media asing.

Melalui laman resmi yang diunggah (upload) hari ini, harian The Washington Post memberi judul "Indonesian president says he believes in witchcraft." Terpampang di kolom religion(agama).

Penulis artikel itu, Vishal Arora, memberi pengantar yang menarik terkait tulisannya soal buku SBY, yang diluncurkan di Jakarta Jumat pekan lalu. "Susilo Bambang Yudhoyono mungkin adalah presiden Indonesia pertama yang mengakui secara terbuka bahwa dia percaya adanya ilmu hitam. Dalam memoar yang baru-baru ini diterbitkan, beliau menggambarkan perjumpaannya dengan ilmu hitam yang mirip dengan 'film horor' di kediamannya," tulis Arora dalam bahasa Inggris.  

Dia selanjutnya mengutip beberapa kalimat dari buku Selalu Ada Pilihan, termasuk kisah ilmu hitam yang dialami SBY di rumahnya. "Tiba-tiba, istri saya berteriak," tulis SBY dalam buku setebal 847 halaman itu.

Dia menceritakan ada asap hitam tebal yang berada di atap rumahnya dan mencoba untuk masuk ke dalam kamar tidur. "Saya kemudian berdoa meminta pertolongan Tuhan. Saya tutup pintu menuju kamar saya dan membiarkan pintu di ruangan lain terbuka," lanjutnya. Pada akhirnya, awan hitam itu keluar dan meninggalkan rumahnya.

Selain mengutip buku SBY, Washington Post juga melampirkan hasil suatu survei untuk menunjukkan bahwa, selain pemimpin mereka, banyak orang di Indonesia masih percaya ilmu hitam.

"Dalam Islam, ilmu hitam merupakan sesuatu yang terlarang, namun praktiknya menyebar di Indonesia, yang memiliki umat Muslim terbanyak di dunia. Survei dari Pew Forum menunjukkan bahwa 69 persen Muslim di Indonesia percaya bahwa ilmu hitam itu benar-benar ada," demikian tulis harian Amerika itu.

Seorang jurnalis senior Indonesia turut dimintakan pendapat soal itu. "Banyak orang di Indonesia, termasuk para pemimpinnya, sengaja pergi ke peramal untuk berkonsultasi soal karier, keberuntungan dan pernikahan mereka," ujar editor senior harian The Jakarta Post, Endy Bayuni.

Pengakuan SBY soal kepercayaannya terhadap ilmu hitam ini, ujar Endy yang dikutip Washington Post, merupakan sesuatu yang tidak diduga sebelumnya.  (pm/viva) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment